Sukses

Mengapa Tikus Tidak Tersetrum Saat Menggigit Kabel Listrik?

Citizen6, Jakarta Tikus, binatang pengerat satu ini ada di mana-mana. Anda mungkin termasuk salah satu orang yang dibuat kesal oleh tikus, pasalnya binatang satu itu suka berbuat onar di dapur. Tidak hanya itu, kabel-kabel di rumah maupun kantor selalu dibuatnya putus. Namun, pernahkah Anda berpikir kenapa tikus tidak kesetrum saat gigit kabel? Padahal kabel itu masih aktif, artinya berarus listrik. Sementara jika manusia terkena kabel, ia akan kesetrum.

Mamalia dengan nama ilmiah muridae ini ternyata punya rahasia kenapa tidak kesetrum saat menggigit kabel listrik aktif. Inilah tiga kemungkinan tikus tidak kesetrum saat gigit kabel:

1. Tikus menggigit bagian kabel tak berarus listrik

Perlu diketahui bahwa kabel listrik rumah berarus bolak-balik, artinya ia mempunyai dua kutub yang berarus listrik dan yang tidak. Jika kita tes menggunakan taspen, pada colokan (stop kontak) maka akan ketahuan bahwa bagian berarus listrik ditunjukkan dengan nyala pada taspen.

Tikus tidak kesetrum kemungkinan ia hanya menggigit bagian kabel yang tidak ada arus listriknya sehingga tidak kesetrum. Atau mungkin kabel yang digigitnya memang sedang dipadamkan sehingga tidak ada arus listriknya.

2. Kabur secara spontan

Kemungkinan kedua bisa jadi tikus tersebut kesetrum karena menggigit kabel berarus listrik. Hanya saja, hewan pengerat itu buru-buru melepaskannya karena kaget sehingga akhirnya bisa kabur. Oleh karena itu sangat jarang, bahkan tidak pernah kita temukan seekor tikus terpanggang karena kesetrum listrik saat menggigit kabel.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6