Sukses

Ini Wujud Kupu-kupu yang Namanya Diambil dari Nama Ani Yudhoyono

Citizen6 Jakarta Nama Ani Yudhoyono, mantan Ibu Negara diabadikan menjadi nama spesies kupu-kupu yang ditemukan di Pegunungan Foya, Papua oleh Bruder Henk van Mastrigt. Kupu-kupu dengan nama latin Delias kristianiae, diambil dari nama istri Presiden Indonesia, Kristina Herawati atau yang biasa dipanggil Ani Yudoyono.

Delias kristianiae berukuran sebesar telapak tangan dengan rentang masing-masing sayap selebar 4,5 cm. Kupu-kupu ini mempunyai corak yang menarik di kedua sisi. Di bagian bawah mempunyai warna hitam dan putih. Sedangkan untuk bagian sisi atasnya didominasi oleh warna hitam dan coklat dengan semburat warna kuning.

Seorang profesor riset zoologi dari LIPI, Rosichon Ubaidllah M.Phil mengatakan penamaan teresebut sebagai langkah untuk mendapatkan dana penelitian. "Salah satu langkah yang bisa ditempuh untuk mendapatkan dana penelitian adalah melalui lelang nama spesies," ujarnya.

Delias kristianiae

Spisies ini sekaligus menjadi salah satu spisies yang diberi nama binomial dengan menggunakan nama orang Indonesia utamanya nama Ibu Negara. Selain Delias kristianiae, ada juga spisies anggrek yang bernama Cymbidium hartinahianum yang dinamakan berdasarkan nama Ibu Hartinah (Tien) Soeharto.

Indonesia dipercaya memiliki sedikitnya 1.600 jenis kupu-kupu dan merupakan negara dengan spisies terbanyak setelah Brazil. Bahkan Indonesia menjadi negara dengan tingkat endemisitas tertinggi di dunia karena sekitar 35 % kupu-kupu endemik berada di Indonesia. Dan salah satunya adalah Delias kristianiae, alias Kupu-kupu Ani Yudoyono. (War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Loading