Sukses

Kalender Bersejarah Ini Membingungkan Pemakainya

Kalender Hijriah dan Masehi sangat familiar dan mengacu pada aturan dunia Internasional sehingga banyak orang yang memanfaatkannya.

Citizen6 Di negara kita kalender Hijriah dan Masehi menjadi kalender yang sering digunakan. Kalender ini sangat familiar dan mengacu pada aturan dunia Internasional sehingga banyak orang yang memanfaatkannya. Namun selain kalender-kalender tersebut, sejarah juga mencatat banyaknya kalender kuno yang pernah dipergunakan orang-orang pada zaman dahulu.

Salah satunya adalah kalender revolusi Soviet. Kalender ini termasuk kalender bersejarah dan sempat membuat bingung pemakainya. Kalender ini pertama kalinya diperkenalan pada tahun 1929 di negara Uni Soviet. Kalender ini mempunyai keunikan tersendiri karena tidak pernah mengubah tahun seperti kalender-kalender pada umumnya. Sebaliknya, dalam kalender ini juga terdapat banyak manipulasi, antara lain memanipulasi jumlah minggu dalam satu tahun, kemudian juga mengurangi banyaknya hari dalam satu minggu.

Dalam kalender bersejarah ini jumlah harinya bukanlah tujuh melainkan hanya lima hari. Kemudian jumlah minggu dalam sebulan ada enam minggu. Bulan Februari terdapat 30 hari dan di akhir tahun akan ada lima sampai enam hari yang tidak masuk dalam bulan apapun.

Selain ciri di atas, hari-hari yang terdapat pada kalender unik ini akan ditulis dengan huruf Romawi dan terdapat warna yang membedakan. Para pekerja yang berada di instansi pemerintahan atau swasta akan mengamati hari-hari libur mereka dengan melihat nomor ataupun warna pada kalender. Selengkapnya bisa Anda baca di sini. (ul)

Pengirim:

Cintya Herlin

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Punya cerita menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini