Sukses

6 Kebiasaan Unik Hewan yang Sangat Mengejutkan

Citizen6, Jakarta Hewan adalah salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan yang punya perilaku aktif. Berbeda halnya dengan tumbuhan, yang meskipun tergolong makhluk hidup namun tidak bisa melakukan perilaku seaktif hewan.

Namun siapa sangka kalau ternyata hewan juga punya kebiasaan-kebiasaan unik layaknya manusia. Bahkan ada beberapa spesies hewan tertentu yang punya kebiasaan aneh. Pasalnya hewan memang diketahui memiliki bahasa tersendiri yang mereka gunakan untuk berkomunikasi. Lalu hewan apa saja yang punya perilaku-perilaku aneh tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Kebiasaan Pingsan

Siapa bilang hanya manusia yang bisa pingsan atau hilang kesadaran? Buktinya ada spesies kambing yang ternyata juga bisa pingsan. Kambing pingsan atau kambing mytonic merupakan spesies kambing domestik. Sesuai dengan namanya, keunikan kambing ini adalah saat ia pingsan. Jadi ketika kambing tersebut merasa panik atau terkejut, otot-ototnya akan menjadi kaku dan akan menjatuhkan tubuhnya seperti orang pingsan.

2. Paus Bersuara

Ikan paus dikenal sebagai hewan mamalia terbesar di dunia. Dengan panjang yang mencapai belasan meter, ikan paus ini ternyata sering mengeluarkan suara. Kebiasaan mengeluarkan suara dari ikan paus ini hanya beberapa Hertz saja. Namun selama 40 tahun terakhir, diketahui frekuensi suara ikan paus semakin lama semakin tenggelam setiap tahunnya. Para ahli pun memberikan banyak pendapat mengenai peristiwa ini. Kemungkinan penyebabnya adalah polusi dan pemanasan global.

2. Memprediksi Gempa Bumi

Bagi manusia, orang yang bisa membuat prediksi atau ramalan akan suatu hal mungkin disebut dengan peramal atau pesulap. Namun siapa sangka kalau ternyata hewan juga bisa memprediksikan suatu hal yang akan terjadi. Di antaranya adalah cacing dan anjing yang seperti memiliki kekuata super. Kedua hewan tersebut diklaim bisa memprediksikan bencana gempa bumi yang akan terjadi satu minggu kemudian. Namun kebenaran mengenai hal itu ditampik oleh para ilmuwan.

3. Orangutan Merokok

Hewan adalah salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan yang punya perilaku aktif.

Fakta ini sungguh sangat mengejutkan, karena ternyata tidak hanya manusia saja yang bisa merokok. Bahkan seekor hewan pun bisa mengalami kecanduan zat nikotin dan terbiasa merokok. Kasus ini dialami oleh seekor orangutan asal Indonesia yang bernama Tori. Bahkan penjaga kebun binatang pun terkadang bisa mendapatkan amukan dari Tori apabila orangutan tersebut tidak mendapat jatah rokok.

4. Simpanse Berperang

Hewan memang punya sifat yang tidak bisa ditebak, termasuk sifat dan kebiasaan primata jenis simpanse. Bagaimana tidak, ternyata simpanse punya kebiasaan yang unik dan justru bisa membahayakan manusia jika berada di sekitarnya. Setiap hewan mungkin bisa berkelahi dengan hewan lain. Namun bagaimana jika berperang? Ya, hal itulah yang dilakukan oleh sekelompok simpanse. Bahkan untuk menggerebek sebuah wilayah, simpanse punya taktik tersendiri.

5. Menyemprotkan Darah

Hewan adalah salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan yang punya perilaku aktif.

Kadal dinilai sebagai salah satu hewan melata yang sangat lincah pergerakannya. Selain itu biasanya hewan sejenis kadal melakukan perlindungan diri dengan cara memutuskan ekornya. Namun ternyata ada kebiasaan unik dari kadal berjenis “Horned Lizard”. Kadal tersebut ternyata punya cara perlindungan diri dengan menyemprotkan darah. Bahkan kadal itu menyemprotkan darah dari matanya sebagai mekanisme pertahanan dari musuh.

Bagaimana menurut Anda, unik sekali kan kebiasaan aneh hewan-hewan tadi? Mungkin Anda juga baru tahu mengenai fakta-fakta unik tadi.

Pengirim:

m Sufyan