Sukses

Deretan Hoaks Catut Nama Jusuf Kalla, dari Masalah Hukum hingga Politik

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks kerap menyerang sosok yang pernah menjadi pejabat publik tak terkecuali mantan Wapres RI, Jusuf Kalla. Hoaks ini menyebar dalam berbagai tema di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Jusuf Kalla? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Jusuf Kalla Terlibat Korupsi BTS Tower

Cek Fakta Liputan6.com mendapatkan klaim video Jusuf Kalla terlibat korupsi tower, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 29 Mei 2023.

Unggahan video Jusuf Kalla terlibat korupsi tower diberi judul.

"Jvsuf Ka11a Terl1bat K0rupsi B-ts T0wer - Kej4gung T3mukan 2 Tri1iun S4at Penggled4han".

Video tersebut diawali dengan rangkaian foto yang menampilkan Jusuf Kalla mengenakan baju lengan putih dan rompi dikawal oleh sejumlah orang mengenakan seragam coklat.

Selain itu juga terdapat foto sejumlah orang berseragam yang sama sedang menunjukkan tumpukan uang.

Video tersebut diawal dengan narasi suara sebagai berikut.

"Wah...wah...wah, Kejaksaan geledah rumah kerabat JK karena terlibat korupsi pengadaan tower yang diduga ikut nikmati 2 triliun lebih

Lantara proyek belum rampung Kejagung menemukan penembahan 3 ribu set tower di luar kontrak adendum PLN dengan kontraktor

Untuk mengumpulkan bukti penyelidik gedung bundar telah menggeledah tiga tempat, yakni kantor Bukaka, rumah dan apartemen milik seseorang inisial SH","

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Jvsuf Ka11a Terl1bat K0rupsi B-ts T0wer - Kej4gung T3mukan 2… Lihat selengkapnyaJvsuf Ka11a Terl1bat K0rupsi B-ts T0wer - Kej4gung T3mukan 2 Tri1iun S4at Penggled4han"

Benarkah klaim video Jusuf Kalla terlibat korupsi BTS tower? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Poster Deklarasi Capres Cawapres Jusuf Kalla-AHY

Sebuah gambar poster berisi deklarasi capres cawapres 2024 kembali beredar. Kali ini gambar poster deklarasi Jusuf Kalla dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp pada 19 Maret 2021.

Dalam gambar tersebut, terpampang foto Jusuf Kalla dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Terdapat narasi "DEKLARASI DUKUNGAN DEMOKRAT S14P".

Selain itu terdapat juga tempat dan waktu acara digelarnya deklarasi, yakni di Fairmont, Jakarta, pada Senin 22 Maret 2021.

Benarkah ada deklarasi capres cawapres 2024, Jusuf Kalla dan AHY seperti dalam poster yang viral tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Cover Majalah Tempo dengan Ilustrasi Jusuf Kalla

Beredar di media sosial postingan soal cover majalah Tempo edisi 7-13 Desember 2020 dengan ilustrasi Jusuf Kalla. Postingan ini ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun yang membagikannya bernama Miiela Na. Dia mempostingnya di Facebook pada 9 Desember 2020.

Dalam postingannya terdapat cover majalah Tempo dengan ilustrasi Jusuf Kalla. Selain itu terdapat pula tulisan besar dengan narasi 'Sang Dalang Perusak Bhinneka".

Di bawah tulisan tersebut juga terdapat narasi, "Rekaman suara Danny Pomanto membongkar keterlibatan Jusuf Kalla dalam strategi menjatuhkan wibawa pemerintah Indonesia dan mengamankan jaringan bisnis keluarga. Gerindra disusupi 'HMI Connection' yang pro Habib Rizieq."

Akun tersebut juga menambahkan tuilisan: "Tumben, ada apakah dengan tempo? ūü§Ē menarik juga cover'nya."

Lalu benarkah majalah Tempo mengeluarkan cover dengan ilustrasi Jusuf Kalla seperti yang tersebar di media sosial? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini