Sukses

Simak Tips Aman Transaksi Pembayaran Gunakan Mesin EDC

Untuk menjaga transaksi tetap aman menggunakan EDC

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi digital kini mempermudah segala aktivitas manusia, seperti pada transaksi pembayaran. Beragam fasilitas telah disediakan salah satunya dengan alat Electronic Data Capture atau EDC.

EDC merupakan mesin yang digunakan nasabah untuk melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu debit, kartu kredit maupun QRIS.

Transaksi menggunakan EDC perlu tetap dijaga keamanannya, hal ini untuk menghindari kerugian.

Untuk menjaga transaksi tetap aman menggunakan EDC, berikut tips dikutip dari situs resmi BCA.

1. Tutup layar dengan tangan saat hendak memasukkan PIN

Saat hendak memasukkan PIN di EDC, sebaiknya gunakan tangan kiri untuk menutupi tangan kananmu saat memasukkan PIN.

Hal ini dilakukan supaya orang lain tidak bisa melihat PIN kamu dengan leluasa, atau melihat pattern tanganmu saat memasukkan PIN.

Dengan cara ini, kamu bisa menjaga kerahasiaan PIN dengan baik saat melakukan transaksi lewat mesin EDC.

2. Pastikan kartu debit atau kreditmu tidak pernah berpindah tangan ke orang lain.

Jangan pernah memberikan kartu debit atau kartu kreditmu ke orang lain. Ingat, di kartu tersebut terdapat data pribadi yang harus kamu jaga kerahasiaannya, seperti nomor kartu debit, tanggal expired kartu, kode CVV/CVC kartu kredit, dll.

Ketika kartu sudah di tangan orang lain tentunya ada risiko disalahgunakan oleh orang tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Berikutnya

3. Ganti PIN secara berkala

Pastikan menggunakan kombinasi PIN yang acak dan sulit ditebak oleh orang lain. Jangan gunakan kombinasi nomor PIN dengan memakai angka tanggal lahir, nomor plat, ataupun nomor telepon sebagai PIN.

Untuk tingkat keamanan yang tinggi, kamu bisa mengganti PIN secara berkala.

4. Jangan mau menerima tawaran bantuan dari orang yang tidak dikenal.

Tawaran bantuan dari orang tidak dikenal adalah salah satu jenis modus penipuan yang sering terjadi di mesin ATM atau di mesin EDC.

Pelaku menawarkan bantuan solusi kepada nasabah yang menemukan problem saat bertransaksi di mesin ATM atau mesin EDC.

Padahal orang tersebut hendak menyalahgunakan kartu debit atau kredit mu. Jadi jangan pernah menerima tawaran bantuan dari orang yang tidak kamu kenal.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.