Sukses

China Jadi Bahan Hoaks, dari Kedatangan Rakyatnya sampai Mengganggu Kedaulatan

Berikut kumpulan hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - China menjadi salah satu negara yang kerap dijadikan bahan hoaks, pesan yang disampaikan informasi palsu tersebut pun beragam sehingga dapat menyesatkan penerimanya jika tidak teliti.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi yang terkait dengan China, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Kondisi ini harus diwaspadai agar tidak terjebak oleh hoaks, dengan memastikan kebenaran informasi yang didapat sebelum mempercayinya.

Berikut kumpulan hoaks hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Video Rakyat China Berbondong-bondong Masuk Indonesia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video rakyat China berbondong-bondong masuk Indonesia. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 Februari 2023.

Klaim video rakyat China berbondong-bondong masuk Indonesia menampilkan sekelompok orang mengenakan baju coklat mengenakan rompi hitam dan helem sedang berbaris dengan latar belakang pesawat maskapai Lion Air.

Dalam video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"mereka pendatang.

dari mana ya?kemaren jam 9 malem soetta, benarkah itu?

pada kemana ya petugas keamanan kita?"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"INDONESIA

Kalau Alam sudah bertindak atas perintah Allah... Selesai semua...

Sekarang Rakyatnya sedang di Tidurkan, Di buatkan Alat yg bisa membuat seluruh rakyatnya tertipu dgn sosial Media, Di Buatkan Hiburan yg penuh lelucondan berbagai bnyak Video menarik di sosmed tersebar bahkan Konten2 yg seksi menggoda nafsu.

Mereka mencari² Cara bgaimna Supaya Rakyat Indonesia Tertidur pulas dim Dunia Digital ini.

Di Samping itu RAKYAT CHINA BERBONDONG-BONDONG MASUK KE INDONESIA ALASAN BEKERJA TAMBANG. PDAHAL MEREKA SUDAH MENGUASAI INDONESIA HAMPIR 80% Sukses selalu Pak Peresiden..

YG SAYA HAWATIRKAN BUKAN PRESIDENYA, TAPI PARA ULAMA DAN HABAIB YG ADA D INDONESIA, (di colek tuh...") SEMOGAH MEREKA baik² saja.

KRNA DEMI ALLAH INDONESIA TIDAK LAMA LAGI AKAN SPERTI PALESTINA. -----Ngapain Ini Datangnya Sebanyak Ini...??Apa Dan Kenapa..??Paham kan? Kalo gk paham lanjutkan molor nya... -----"

Benarkah klaim video rakyat China berbondong-bondong masuk Indonesia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel berikut ini...

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Hujan Cacing di China

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video hujan cacing di China, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 13 Maret 2023.

Unggahan klaim video hujan cacing di China berupa video berdurasi 0.43 detik, awalnya menampilkan sejumlah video mobil yang diparkir di bahu jalan depan bangunan dan terdapat benda panjang hitam di sekirar mobil tersebut hingga sebagian menutupi mobil.

Cuplikan video tersebut pun berubah dengan menampilkan benda panjang bergerak pada permukaan tanah.

Dalam video tersebut terdapat narasi sebagai berikut.

"Fenomena hujan aneh terjadi di Beijing China warga di Ibu Kota negara tirai bambu tersebut terkejut karena tiba-tiba turun hujang cacing, hingga kini belum diketahui sumber fenomena tersebut, warga Beijing pun merasa bingung dengan fenomena itu.

Laman El Elardo melaporkan bahwa penduduk Beijing mendapat pengumuman saat hendak meninggalkan rumah, dalam cuplikan berita terlihat warga kota menjalankan rutinitas sehari-harinya dengan membawa payung agar tidak terkena ulat yang berjatuhan."

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Hujan Cacing di Beijing Cina. ..."

Benarkah klaim video hujan cacing di China? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

 

 

3 dari 4 halaman

Presiden Jokowi Geram karena Sebagian Pulau Maluku Diambil China

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Presiden Jokowi geram karena pulau Maluku sebagian sudah diambil China. Postingan ini beredar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 7 Maret 2023.

Dalam postingannya terdapat artikel dari Democrazy News berjudul "Jokowi Geram pulau Maluku sudah diambil China Sebagian".

Akun itu menambahkan narasi "PURA PURA GERAM PADAHAL DI KASIH KAN KE cina buat BAYAR UTANG. Kelakuan gak berubah"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Presiden Jokowi geram karena pulau Maluku sebagian sudah diambil China? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.