Sukses

Aliran Dana Bantuan untuk Masyarakat hingga Ratusan Juta Rupiah Ini Hoaks Ya

Berikut kumpulan hoaks seputar aliran dana bantuan untuk masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks aliran dana bantuan untuk membantu masyarakat beredar lewat berbagai saluran komunikasi, di antaranya media sosial dan aplikasi percakapan.

Keberadaan informasi palsu tersebut tentu menggiurkan untuk diikuti. Pasalnya, jumlah nominal dana bantuan yang ditawarkan cukup fantastis hingga ratusan juta.

Hoaks seputar aliran dana bantuan untuk masyarakat tersebut harus dihindari, sebab menjadi modus penipuan. Hal ini tentu dapat merugikan jika kita mengikuti arahan untuk mendapatkannya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar aliran dana bantuan untuk masyarakat, hasilnya sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks seputar aliran dana bantuan untuk masyarakat.

BPJS Bagikan Bantuan Rp 125 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pembagian bantuan Rp 125 juta dari BPJS, kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim pembagian bantuan Rp 125 juta dari BPJS.

"INFO RESMI BPJS

Untuk Nomor WhatsApp AndaTerpilih Secara Acak Sebagai PenerimaDana Bantuan BPJS Senilai 125 JT.

UNTUK KLAIM DANA BANTUAN NYASilahkan Kirim Bukti WhatsApp Yang DiterimaDan Sertakan Kode Pencairan Anda (BPJS12S7T)Di Kirim Ke Layanan BPJS Dibawah Ini: +6285810398199

PENANGGUNG JAWAB Drs.MUH.BAKRI.MSi"

Benarkah klaim pembagian bantuan Rp 125 juta dari BPJS? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com hasil penelusurannya di sini..

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BRI Bagikan Subsidi Pengentasan Kemiskinan dari Pemerintah Rp 5 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Bank BRI bagikan subsidi pengentasan kemiskinan dari pemerintah sebesar Rp 5 juta. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi Bank BRI bagikan subsidi pengentasan kemiskinan dari pemerintah sebesar Rp 5 juta berupa tautan sebagai berikut.

"http://aheadshorthand.top/bri-v2w/tb.php?gk=hf1675413844594"

Jika tautan tersebut diklik mengarah pada sebuah halam situs yang terdapat narasi sebagai berikut.

"🎉BRI National Government Poverty Relief Subsidy🎊6 February, 2023

Congratulations!

BRI National Government Poverty Relief Subsidy

Through the questionnaire, you will have a chance to get 5000000 Rupiah ."

Untuk mendapatkan subsidi pengentasan kemiskinan penerima informasi diarahkan mengisi kuesioner.

Benarkah informasi Bank BRI bagikan subsidi pengentasan kemiskinan dari pemerintah sebesar Rp 5 juta? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini...

3 dari 4 halaman

Dana Bantuan Rp 189 Juta dari Pertamina

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pemberian dana bantuan Rp 189 juta dari PT Pertamina (Persero). Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim pemberian dana bantuan Rp 189 juta dari Pertamina.

"AKUN RESMI

PERTAMINA

Nomor Whatsapp Anda Terdaftar Sebagai Penerima Bantuan

Rp.189.000.000

*DARI PERTAMINA*

KODE PIN ANDA : (SPB994U)

Cara Pengambilan

KETIK : (SPB994U)

kirim ke WhatsApp ADMIN PERTAMINA

Di Bawah ini

👇👇

082188409958"

Benarkah klaim pemberian dana bantuan Rp 189 juta dari Pertamina? Simak hasil penelusurannya di sini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.