Sukses

Hadapi Pemilu 2024, Kominfo Siapkan 3 Strategi Melawan Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan tiga strategi untuk menjaga ruang digital dari hoaks selama Pemilu 2024. Kominfo berharap Pemilu 2024 bakal berjalan sukses dan berkualitas.

Kominfo mengungkapkan tiga strategi itu diterapkan di bagian hulu, tengah, dan hilir untuk memerangi penyebaran hoaks, misinformasi, dan ujaran kebencian. Mereka menjelaskan strategi tersebut merupakan langkah penting menghadapi pesta demokrasi terbesar.

Untuk di hulu, Kominfo menggandeng berbagai komunitas untuk menjalankan program literasi digital. Sementara di tengah, Kominfo melakukan tindakan cepat untuk menghapus akses konten negatif ke situs web, platform digital, atau akun yang menyebarkan informasi palsu.

Sementara di hilir Kominfo bekerjasama dengan Polri untuk melakukan penegakan hukum.

"Hingga 4 Januari 2023, Kominfo telah menangani 1321 konten hoaks terkait politik. Itu memberikan sinyal akan ada banyak lagi saat kampanye politik dimulai," ujar Dirjen IKP Kominfo, Usman Kasong dilansir laman Infopublik.

"Namun menjaga demokrasi di ruang digital bukan hanya tugas Kominfo. Diperlukan kolaborasi dengan semua pihak agar Pemilu 2024 berlangsung dengan baik," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS