Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar NASA, Tambah Rasi Bintang hingga Punya Mesin Penghasil Awan Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa menyerang siapa saja tak terkecuali Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, NASA. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar NASA? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Video NASA Punya Mesin Penghasil Awan Hujan

Sebuah video yang diklaim Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memiliki mesin penghasil awan hujan beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 5 Januari 2023 lalu.

Pada video tersebut, terlihat sebuah mesin menghasilkan asap tebal mirip awan. Kemudian terlihat seorang pembawa acara menyebutkan bahwa akan terjadi hujan setelah awan tersebut keluar dari mesin.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar NASA memiliki mesin penghasil awan hujan dan bukti bahwa kesombongan manusia di hadapan Tuhan.

"Membuat mesin penghasil awan, besok ada mesin apa lagi?" demikian narasi dalam video tersebut.

Video yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 23 kali dibagikan dan mendapat 64 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu merupakan mesin penghasil awan hujan milik NASA? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar NASA Tambah Rasi Bintang Baru Bernama Ophiuchus

Beredar postingan di Facebook terkait NASA yang menambahkan rasi bintang baru. Salah satu yang membagikan adalah akun Facebook bernama @TripleMCairns.

Dalam postingannya, akun Facebook tersebut mengunggah gambar nama-nama zodiak baru lengkap dengan tanggalnya. Namun tanggal yang beredar sudah ditambahkan dengan tanggal baru yang diklaim penemuan dari NASA.

Selain itu ada satu rasi bintang baru bernama Ophiuchus dalam foto tersebut. Postingan itu juga dilengkapi narasi, "With NASA announcing a 13th Star Sign Ophiuchus you might find yours has changed!What do you think? Has yours changed?"

Atau dalam bahasa Indonesia "Nasa mengumumkan rasi bintang ke-13 Ophiuchus, Anda pasti menemukan rasi bintang Anda berubah, apa yang Anda pikirkan? Benarkah rasi bintang Anda berubah?"

Postingan itu sendiri 116 kali dibagikan dan mendapat 135 komentar. Lalu apakah benar NASA menambah rasi bintang seperti klaim yang viral di Facebook? Simak dalam artikel berikut ini....

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS