Sukses

Ragam Hoaks Seputar Cristiano Ronaldo, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Sayangnya, beragam hoaks kerap menimpa pemain asal Portugal tersebut.

Lalu apa saja hoaks seputar Cristiano Ronaldo? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Ratu Elizabeth II Pesan 80 Jersey Bintang MU Cristiano Ronaldo

Beredar kembali media sosial postingan yang mengklaim Ratu Elizabeth II memesan 80 jersey bintang MU Cristiano Ronaldo. Postingan ini banyak diunggah lagi sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 12 September 2022.

Dalam postingannya terdapat gambar dengan tulisan berikut ini:

"Ratu Elizabeth telah memesan 80 Jersey Cristiano Ronaldo untuk Royal Court dan secara pribadi telah meminta Man United untuk memasan kaus pertama yang ditandatangani olehnya. Dengan permintaan ini, Ronaldo menjadi SATU-SATUNYA MANUSIA yang pernah dimintai tanda tangan oleh Ratu Elizabeth".

Selain itu akun tersebut menambahkan narasi:

"Semasa hidupnya Ratu Elizabeth tidak pernah minta tanda tangan siapa pun kecuali tanda tangan Sang Pemain Terbaik Sepak Bola Seantero Pluto di Planet ini Cristiano Ronaldo!

Ratu Elizabeth minta tanda tangan di jersey pemberian langsung Cristiano Ronaldo.

Sang Ratu tau, mana pemain sepak bola terbaik di dunia dan olahragawan paling berpengaruh di dunia"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Ratu Elizabeth II memesan 80 jersey bintang MU Cristiano Ronaldo? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Pria yang Baca Alquran dalam Video Ini Bukan Cristiano Ronaldo

Sebuah video yang diklaim pemain sepak bola Cristiano Ronaldo tengah membaca alquran beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Dika Riansyah pada 24 Mei 2021.

Dalam video berdruasi 25 detik, tampak seorang pria tengah duduk di lantai sambil membaca kitab suci alquran. Pria dalam video tersebut kemudian dikaitkan dengan sosok Cristiano Ronaldo.

"Cristiano Ronaldo baca Alquran 😍," tulis akun Facebook Dika Riansyah.

Video yang disebarkan akun Facebook Dika Riansyah telah 92 kali direspons dan mendapat 11 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut Cristiano Ronaldo tengah membaca alquran? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Cristiano Ronaldo Masuk Islam di Piala Dunia 2022 Qatar

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Cristiano Ronaldo masuk Islam saat Piala Dunia 2022 di Qatar. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 22 November 2022.

Dalam postingannya terdapat foto Ronaldo mengenakan baju gamis berwarna putih dengan penutup kepala. Akun itu menambahkan narasi:

"Masya Allah saudaraku selamat datang di Islam. Foto Ronaldo setelah menyaksikan keajaiban kemenangan Arab Saudi 2-1 melawan Argentina"

Lalu benarkah postingan yang menyebut Cristiano Ronaldo masuk Islam saat Piala Dunia 2022 di Qatar? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS