Sukses

Bijak Bermedia Sosial Bisa Minimalisir Penyebaran Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks menjadi masalah di seluruh dunia tak terkecuali Malaysia. Pemerintah Malaysia pun meminta masyarakat bijak dalam bermedia sosial untuk menghindari penyebaran hoaks.

Hal ini disampaikan oleh Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) melihat banyaknya hoaks yang beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Namun MCMC menyebut tak pernah memantau bagaimana dan di mana masyarakat Malaysia mengonsumsi informasi.

"Media sosial hanyalah media interaksi. Akar penyebab masalah terletak pada cara, mentalitas, dan niat pengguna saat menggunakan platform tersebut. Dengan demikian, setiap orang bertanggung jawab atas apa yang mereka sebarkan atau bagikan di media sosial," bunyi pernyataan MCMC dilansir The Star.

"Masalah seperti itu hanya bisa diatasi jika semua pengguna menyadari perannya masing-masing, serta memiliki tekad untuk melakukan perubahan. Pengguna harus belajar untuk selalu bertanggung jawab."

Di sisi lain MCMC juga menegaskan terus bekerja untuk meminimalisir penyebaran hoaks. " Kami bekerja dengan platform media sosial dan aplikasi percakapan untuk mengurangi sebaran hoaks terutama konten yang berbahaya dan mengandung kekerasan."

"Tindakan tegas juga akan diberikan pada orang yang menyebarkan berita palsu seperti yang sudah tercantum dalam UU."

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.