Sukses

Awas Tersesat, Simak Kumpulan Judul Artikel yang Diedit Jadi Bahan Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks dengan mengedit judul artikel yang dimuat situs berita beredar di media sosial, hal ini tentu dapat menyesatkan dan menimbulkan persepsi yang salah.

Agar tidak terjebak oleh hoaks dengan mengedit judul artikel, sebaiknya kita pastikan terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut.

Berikut kumpulan hoaks yang merubah judul artikel.

Judul Artikel Liputan6.com "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik"

Beredar di media sosial artikel Liputan6.com berjudul "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook.

Akun itu berupa cuplikan layar dengan judul artikel "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik"

Dalam postingan, artikel itu diunggah pada 1 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB.

Lalu benarkah postingan artikel Liputan6.com berjudul "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik"? SImak hasil penelusurannya di sini.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Judul Artikel Wapres Ma'ruf Amin Minta Rakyat Pakai Kayu Bakar saat Masak Biar Irit

Beredar di media sosial postingan artikel berjudul "Wapres minta rakyat Pakai kayu bakar saat masak biar irit". Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 22 September 2022.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul "Wapres minta rakyat Pakai kayu bakar saat masak biar irit." Postingan itu disertai gambar Wakil Presiden Ma'ruf Amin sedang berada di atas podium.

Akun tersebut menambahkan narasi: "Sembako mahal nyuruh makan pisang, gas mo di hilangin nyuruh pake kayu bakar.Ntar nyuruh apa lagi mbaahhhh...."

Lalu benarkah postingan berjudul "Wapres minta rakyat Pakai kayu bakar saat masak biar irit"?

3 dari 4 halaman

Kas Negara Tipis Ma'ruf Amin Minta Rakyat Sisihkan Harta Bantu Pemerintah dalam Judul Artikel Ini

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim judul artikel "Ma'ruf amin: kas negara menipis Ma'ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah", klaim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 4 September 2022.

Klaim yang diunggah tersebut berupa tangkapan layar judul artikel "Ma'ruf amin: kas negara menipis Ma'ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah". Dalam tangkapan layar tersebut terdapat keterangan penulis Delvira Hutabarat dimuat pada 31 Agu 2022, 20:09 WIB.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Jangan tanya apa yg sudah negara berikan kepada eluuuu...

Tapi tanyain terossss, elu udah ngasihh apa ke negara..

Jangan lupa 2024 ipeh lagi yaaaa!!!!"

Benarkah klaim judul "kas negara menipis Ma'ruf Amin minta rakyat sisihkan harta bantu pemerintah"? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.