Sukses

Deretan Hoaks Seputar Puan Maharani, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Pejabat publik kerap menjadi sasaran hoaks tak terkecuali Puan Maharani. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Puan Maharani? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Liputan6.com "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik"

Beredar di media sosial artikel Liputan6.com berjudul "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook.

Akun itu berupa cuplikan layar dengan judul artikel "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik"

Dalam postingan, artikel itu diunggah pada 1 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB.

Lalu benarkah postingan artikel Liputan6.com berjudul "Optimis Menang Pemilu 2024, Puan: Kita Bersama Wong Licik"? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Pedagang Tidak Perlu Kenal Puan

Beredar di media sosial postingan artikel berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?". Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 2 Mei 2022.

Akun itu menyertakan artikel dari Gelora News berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?".

Akun itu menambahkan narasi: "Pentingkah???"

Lalu benarkah postingan artikel berjudul "Puan Belanja Daging Sapi di Pasar dan Bertanya, Anda kenal saya..? jawab pedagang sapi, untuk apa saya kenal Anda...?" Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Puan Maharani Berdiri di Podium Juara 1 Formula E

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto Ketua DPR RI Puan maharani berdiri di podium juara satu Formula E Jakarta atau E-Prix. Foto tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 4 Juni 2022.

Unggahan klaim foto Ketua DPR RI Puan maharani berdiri di podium juara satu Formula E Jakarta menampilkan podium penyerahan piala untuk terdapat tulisan "2ND, 1ST, 3D" pada podium tersebut dengan urutan tinggi yang berbeda.

Di podium bertuliskan "1ST" terdapat Puan Maharani sedang berdiri dengan latar belakang tulisan "FORMULA 2022 JAKARTA E-PRIX" disertai dengan logo lainnya.

Foto tersebut diberi keterangan

"Juara apaan inihh..?!"

Benarkah klaim foto Ketua DPR RI Puan Maharani berdiri di podium juara satu Formula E Jakarta? Simak dalam artikel berikut ini...

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.