Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Hadiah HUT RI sampai Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks yang beredar di media sosial semakin beragam, mulai dari vaksin hingga pembagian hadiah HUT Kemerdekaan Indonesia.

Keberadaan hoaks tersebut harus diwaspadai sebab dapat menyesatkan dan merugikan, untuk menghindari informasi palsu tersebut kita perlu memastikan kebenarana informasi yang didapat sebelum mempercayainya.

Untuk memudahkan masyarakat memastikan informasi hoaks dan benar, Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi viral di tengah masyarakat.

Berikut kumpulan 6 hoaks dalam sepekan.

Video Menko Luhut Perintahkan Kabareskrim Usut Pembunuhan Brigadir J

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan perintah kepada Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Komjen Agus Andrianto untuk tidak ragu dalam mengusut kasus pembunuhan Brigadir J.

Klaim video  Menko Luhut perintahkan Kabareskrim usut pembunuhan Brigadir J tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 12 Agustur 2022, unggahan video tersebut menampilkan Menk Luhut sedang memberikan pernyataan, berikut transkrip pernyataannya.

"Saya minta dari pada Kabareskrim Pak Jenderal Agus, Komjen Agus, jangan ragu-ragu, saya enggak ada urusan siapa dia, enggak ada urusan backing-backing. Pokoknya Sampe keakar-akarnya kita cabut nanti Mas Agus,"

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"KETIKA OPUNG LUHUT BINSAR PANJAITAN SUDAH GERAM DENGAN KASUS BRIGADIR JOSHUA #ferdysambo #brigadirj"

Benarkah Menko Luhut perintahkan Kabareskrim Komjen Agus usut pembunuhan Brigadir J? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

Cacar Monyet Hanya Beredar di Negara yang Menggunakan Vaksin Pfizer

Beredar di media sosial posting-an yang menyebut cacar monyet hanya beredar di negara yang menggunakan vaksin Pfizer. Posting-an ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mem-posting-nya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 9 Agustus 2022.

Dalam posting-annya terdapat gambar artikel berjudul "Monkeypox Is Only Circulating In Countries Where Pfizer Vaccine Has Been Distributed" atau dalam Bahasa Indonesia "Cacar Monyet hanya beredar di negara yang menggunakan vaksin Pfizer"

Lalu benarkah postingan yang menyebut cacar monyet hanya beredar di negara yang menggunakan vaksin Pfizer? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hoaks Berikutnya

Kalium Klorida pada Vaksin Pfizer Bahayakan Jantung dan Mematikan

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim kandungan potassium chloride atau kalium klorida pada vaksin Pfizer membahayakan jantung dan mematikan. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Twitter, pada 3 Agustus 2022.

Unggahan klaim kandungan kalium klorida pada vaksin Pfizer membahayakan jantung dan mematikan, berupa tulisan sebagai berikut.

"Pfizer yg terbaru mempunyai kandungan potasium chlorida.

Senyawa ini yg sangat membahayakan jantung,dan biasanya di gunakan untuk euthanasia bagi tahanan terpidana mati. Artinya vaksin untuk eksekusi terpidana mati."

Tulisan tersebut dilengkapi dengan foto komposisi vaksin Pfizer.

Benarkah klaim kandungan kalium klorida pada vaksin Pfizer membahayakan jantung dan mematikan? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

Mitsubishi Bagikan 2 Pajero Dalam Rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77

Beredar di media sosial postingan pesan berantai yang menyebut Mitsubishi Motors Indonesia sedang membagikan 2 mobil Pajero dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 10 Agustus 2022.

Berikut isi postingannya

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Kami akan memberikan secara acak kepada seseorang di facebook 2 unit mobil Mitsubishi Pajero sport merek baru 2022 yang berhasil mengetik (SEMANGAT 45) Silahkan klik 👉 https://bit.ly/3BDyeTA untuk validasi entri Anda ! sebelum tanggal 17 Agustus"

Ia juga menambahkan narasi "Saya rasa grup akan menyukainya"

Lalu benarkah postingan pesan berantai yang menyebut Mitsubishi Motors Indonesia sedang membagikan 2 mobil Pajero dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-77? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

3 dari 4 halaman

Hoaks Selanjutnya

Pengisian Kuesioner Dapat Subsidi Energi dari Pertamina Rp 3 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pengisian  kuesioner untuk mendapat subsidi energi dari Pertamina senilai Rp 3 juta, Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi pengisian kuesioner untuk mendapat subsidi energi dari Pertamina senilai Rp 3 juta, berupa tautan "http://vocationalpeople.top/pertaminaid-yh/tb.php?io=rw1660099315324"

Jika tautan tersebut di klik maka akan masuk dalam halaman situs yang berisi tulusu sebagai berikut.

"🎉Pertamina Government energy subsidies!🎊      10 August, 2022

Congratulations!

Pertamina Government energy subsidies!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 3000000 Rupiah ."

Benarkah pengisian kuesioner untuk mendapat subsidi energi dari Pertamina senilai Rp 3 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

 Ramuan Pengobatan Cacar Monyet dengan Kunyit dan Madu

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim ramuan pengobatan cacar monyet dengan kunyit dan madu, kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 27 Juli 2022.

klaim pengobatan cacar monyet dengan kunyit dan madu berupa video yang didalamnya terdapat tulisan sebagai berikut.

Video tersebut menampilkan seorang yang sedang meremas beberapa lembar daun kemudian dimasukan bersama bubuk kuning dan cairan coklat dalam satu wadah, dilanjutkan dengan mengaduknya. Bahan yang sudah menjadi satu tersebut dioleskan ke jari telunjuk.

Dalam video tersebut diberi tulisan sebagai berikut.

"NATURAL REMEDY FOT MONKEY POX SORES"

Tulisan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Jika Anda menderita cacar monyet, Anda harus mencoba obat ini untuk mengobatinya. Obat ini mudah dan dilengkapi dengan bahan-bahan sederhana dan alami, seperti:

1 sendok makan dihaluskan(ditumbuk) daun nimba 1 sendok makan bubuk kunyit

1 sendok makan madu. Semoga bermanfaat 🙏🏻"

Benarkah klaim pengobatan cacar monyet dengan kunyit dan madu? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS