Sukses

Hoaks Terkini Seputar Perusahaan BUMN, dari Pertamina hingga BNI

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks mencatut nama perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kerap muncul di tengah masyarakat, hal ini tentu dapat merugikan sebab sebagian menjadi modus penipuan.

Untuk memudahkan masyaraka membedakan informasi benar dan hoaks, Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi viral mengatas namakan perusahaan BUMN dari pembagian hadiah hingga lowongan kerja, hasilnya pun sebagian terbukti hoaks.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar BUMN.

Pengisian Kuesioner Dapat Subsidi Energi dari Pertamina Rp 3 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi pengisian  kuesioner untuk mendapat subsidi energi dari Pertamina senilai Rp 3 juta, Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi pengisian kuesioner untuk mendapat subsidi energi dari Pertamina senilai Rp 3 juta, berupa tautan "http://vocationalpeople.top/pertaminaid-yh/tb.php?io=rw1660099315324"

Jika tautan tersebut di klik maka akan masuk dalam halaman situs yang berisi tulusu sebagai berikut.

"🎉Pertamina Government energy subsidies!🎊      10 August, 2022

Congratulations!

Pertamina Government energy subsidies!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 3000000 Rupiah ."

Benarkah pengisian kuesioner untuk mendapat subsidi energi dari Pertamina senilai Rp 3 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Telkomsel dan Baim Wong Bagi-Bagi Mercedes Benz Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Kabar tentang Telkomsel dan artis sekaligus YouTuber Baim Wong bagi-bagi mobil mewah Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Agustus 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz.

Untuk mendapatkan mobil mewah tersebut, warganet diminta untuk mengklik tautan yang mengarah ke sebuah akun WhatsApp. Setelah itu, warganet diminta mengirim pesan ke akun WhatsApp tersebut dengan format "JAYA INDONESIA 45".

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Baim dan telkomse bekerja sama akan memberikan secara acak kepada seseorang di facebook 2 unit mobil merek Mercedes-Benz keluaran baru 2022 yang berhasil mengetik (JAYA INDONESIA 45) sebelum tanggal 17 Agustus.

Langsung wa ke admin baim ya bosquu biar bisa saya proses

👉 https://wa.me/message/U3CELEZUQRQMK1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.800 kali dibagikan dan mendapat 2 ribu komentar dari warganet.

Benarkah Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.

 

 

3 dari 4 halaman

Hoaks Seputar Seleksi Pegawai

Surat Pemanggilan Seleksi Pegawai BNI Minta Biaya Akomodasi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi surat pemanggilan seleksi pegawai PT Bank Negara Indonesia atau BNI, surat tersebut beredar di tengah masyarakat.

Informasi surat panggilan seleksi pegawai BNI memuat sejumlah keterangan, seperti pernyataan kelulusan untuk mengikti seleksi tahap berikutnya, imbauan kelengkapan yang dibawa saat proses seleksi dan permintaan biaya akomodasi selama mengikuti seleksi dan akan dikembalikan pihak BNI setelah tahapan tersebut dilakukan.

Dalam surat tersebut peserta yang dinyatakan lulus mengikuti seleksi tahap berikutnya diarahkan untuk menlakukan reservasi tiket transprotasi dan registrasi pesrta tes interview, dengan mengisi data probadi dan mengirimnya ke nomor yang sudah dicantumkan lewat WhatsApp.

Benarkah informasi surat panggilan seleksi pegawai BNI? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

Surat Panggilan Seleksi Calon Pegawai Pertamina 5 Agustus

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi surat pemanggilan seleksi calon pegawai PT Pertamina (Persero), kabar tersebut beredar di tengah masyarakat.

Surat pemanggilan seleksicalon pegawai Pertamina terdiri dari empat lembar, pada lembar pertama disertai kepala surat mengatasnamakan PT Pertamina (Persero) yang beralamat di Jl. Medan Merdeka Timur 1A.Jakarta Pusat 10110. Indonesia.

Dalam lembar tersebut berisi pemberitahuan bahwa seorang yang namanya tercantum dalam surat tersebut lolos untuk melanjutkan seleksi rekrutmen pegawai Pertamina tahap berikutnya, berikut jadwal tahapan seleksi dari Jumat 5 Agustus 2022 sampau Minggu 7 Agustus 2022. Seleksi dilakukan di Gedung Pertemuan Pertamina Persero Unit Pemasaran Jakarta Jl. Jendral Sudirman Jakarta Pusat.

Pada lembar ke dua berisi 40 nama yang lolos untuk melanjutkan seleksi rekrutmen pegawai Pertamina tahap berikutnya.

Berikutnya di lembar ketiga berisi keterangan yang mengarahkan para calon karyawan untuk segera melakukan konfirmasi kehadiran mengikuti seleksi calon pegawai tahap berikutnya.

Dengan mengirim format SMSPERTAMINA - NAMA/NO.TES - HADIR/TIDAk ke nomor +62 82128589133 Ketua Tim Recruitment Drs. Albertus Noach Alexander Ansanay. M.Ak.

Pada lembar tersebut peserta diminta untuk menalangi biaya akomodasi dan biaya tersebut akan digantikan pihak Pertamina sebelum kegiatan dimulai.

Untuk reservasi tiket dan penjemputan dari bandara ke tempat pelaksanaan kegiatan peserta seleksi diharapkan melakukan pemesanan tiket pulang - pergi, hotel, penjemputandan lain lain ke travel yang sudah disediakan guna mempermudah sistem penggantian dana nantinya.

Dalam lembar keempat surat tersebut peserta dimina untuk melakukan reservasi tiket transportasi dengan menghubungi Panitia Angkasa Pura di Jakarta atas nama Ir. H.Edy Gunawan dengan kontak WhatsApp +62 81241396557.

Benarkah surat pemanggilan seleksi pergawai Pertamina? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS