Sukses

Deretan Hoaks Terkait Aceh, Persiapkan Ibadah Haji Sendiri Hingga Tolak Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks kerap mencatut nama daerah tertentu seperti Aceh. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Aceh? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Aceh Mempersiapkan Haji Sendiri Lepas dari Kemenag

Kabar tentang Provinsi Aceh mempersiapkan haji sendiri lepas dari Kementerian Agama (Kemenag) beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 7 Juni 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi pernyataan seorang pria yang menyebut bahwa Aceh sedang mempersiapkan haji, lepas dari Kemenag.

"Sekarang di Aceh, mereka mempersiapkan untuk haji terlepas dari Kemenag. Kalau sempat ini terjadi, di mana wibawa kita," demikian pernyataan pria tersebut.

Pada klip selanjutnya, terdapat ceramah dari Ustaz Abdul Somad. Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Aceh mempersiapkan haji terlepas dari Kemenag.

"Aceh siapkan Haji lepas dari Menag," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 4,8 juta kali ditonton dan mendapat 13 ribu komentar dari warganet.

Benarkah Provinsi Aceh mempersiapkan ibadah haji sendiri lepas dari Kemenag? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Ulama Aceh Haramkan Vaksin Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim ulama Aceh mengharamkan vaksin Covid-19.

Klaim ulama Aceh mengharamkan vaksin Covid-19 diunggah akun Facebook Rauzatul Jannah, pada 10 Januari 2021.

Kemudian tangkapan layar tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Kalau masih berani paksin aku rampas suntik yg paksin, ku tusuk dia pake suntik itu sampe tembus ke tulang nya, ini sepakat rakyat aceh"

Benarkah ulama Aceh mengharamkan vaksin Covid-19? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Jemaah Aceh Tetap Bisa Berangkat Ibadah Haji Tahun Ini

Di tengah pembatalan keberangkatan jemaah ibadah haji Indonesia pada 2020, beredar kabar yang mengklaim jemaah haji Aceh tetap bisa menunaikan ibadah haji.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Abdurachman Rockmansrikity, pada 16 Juni 2020. Berikut keterangannya:

"Masyallah Aceh memang beda bisa menunaikan ibadah haji"

keterangan tersebut disertakan dengan tautan artikel berjudul "Aceh Bisa Lobi Arab Saudi Dapat Kuota Haji Sendiri" yang dimuat situs muslim.okezone.com.

Benarkah jemaah Aceh tetap bisa menunaikan ibadah haji? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.