Sukses

Ahli: Vaksin Covid-19 Bikin Kelumpuhan Wajah Justin Bieber Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah hoaks terkait vaksin covid-19 masih beredar di masyarakat. Tentu hal ini bisa menganggu program vaksinasi covid-19 yang bisa membantu mengendalikan pandemi.

Salah satu yang banyak beredar adalah hoaks terkait musisi dunia Justin Bieber yang disebut alami kelumpuhan wajah setelah divaksin covid-19. Selain itu ada juga hoaks yang menyebut Justin Bieber akan menuntut produsen vaksin setelah kejadian itu.

"Vaksin covid-19 bisa bikin wajah lumpuh itu hoaks. Semua jenis vaksin covid-19 tidak bisa membuat wajah seseorang menjadi lumpuh," ujar dr. Dirga Sakti Rambe dalam Virtual Class Liputan6.com yang digelar Rabu (29/6/2022).

"Untuk kasus Justin Bieber penyebabnya adalah reaktivasi virus cacar air, jadi tidak ada hubungannya dengan covid-19 ataupun vaksinnya. Hoaks terkait covid-19 ini memang sudah ada bahkan sebelum vaksinnya ada, jadi kita harus melawannya dengan membanjiri informasi yang benar," kata vaksinolog itu menambahkan.

Dr. Dirga juga membantah banyaknya varian virus covid-19 karena vaksinnya tidak kuat. "Mutasi yang ada alamiah karena selama penularan masih terjadi maka virus pasti bermutasi, bukan karena vaksinnya tidak kuat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.