Sukses

Kumpulan Peristiwa Hoaks Terkini, dari Perampokan sampai Tol Amblas

Liputan6.com, Jakarta- Perisitiwa menjadi salah satu isu yang dijadikan bahan hoaks. Pasalnya, sebagian penerima informasi kerap mudah percaya sehingga mudah disesatkan.

Agar tidak menjadi korban hoaks sebaiknya kita selektif ketika mendapat informasi, dengan memastikan kabar yang didapat benar atau salah.

Kita pun bisa melakukan penelusuran informasi yang didapat untuk membuktikan benar atau salah secara mandiri, caranya dengan mengikuti tips dalam halaman berikut ini.

Berikut kumpulan hoaks terkait peristiwa terkini.

1. Video Aksi Penembakan di BRI Cabang Batulicin

Sebuah video penembakan yang diklaim terjadi di Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 Juni 2022.

Dalam video berdurasi 30 detik memperlihatkan aksi baku tembak antara petugas keamanan dengan seorang pria. Peristiwa itu diduga terjadi dalam sebuah bank. Dalam video itu juga terdapat narasi bahwa baku tembak terjadi di BRI cabang Batulicin.

"BRI CABANG BATULICIN," demikian narasi dalam video itu.

"NgeriūüĒęūüĒę," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 547 kali direspons dan mendapat 733 komentar dari warganet.

Benarkah video itu merupakan aksi penembakan di BRI cabang Batulicin? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Video Ini Bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia Meledak

Sebuah video yang diklaim bendungan pembangkit listrik tenaga air  atau PLTA terbesar di dunia meledak beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 Juni 2022.

Video berdurasi 5 menit 51 detik itu, tampak sebuah tempat mirip bendungan diterjang banjir besar. Bendungan itu tampak terendam banjir. Video itu kemudian dikaitkan dengan meledaknya bendungan terbesar di dunia.

"Bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air Terbesar di Dunia Meledak," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1,6 juta kali ditonton dan mendapat 85 komentar warganet.

Benarkah dalam video itu bendungan pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia meledak? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

3 dari 4 halaman

Video Tol Becakayu Amblas

Beredar di media sosial postingan video yang menyebut tol Becakayu amblas. Video itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 14 Juni 2022.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 26 detik yang menggambarkan sebuah mobil tidak masuk jalan di bawah jembatan.

Postingan itu disertai narasi "Tol be-cak kayu amblas nie"

Setelah ditelusuri, video yang menyebut tol Becakayu amblas adalah hoaks. Faktanya jembatan dalam video tersebut merupakan bagian dari girder atau gelagar jembatan yang memanjang diantara dua penyangga atau pilar milik proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.