Sukses

6 Hoaks Sepekan, dari Penyakit Justin Bieber sampai Pengobatan Sakit Gigi

Liputan6.com, Jakarta- Peredaran hoaks di media sosial semakin beragam, kondisi ini bisa menyesatkan kita jika tidak jeli menyaring informasi yang didapat.

Untuk memudahkan masyarakat mengenali informasi yang sedang viral hoaks atau benar, Cek Fakta Liputan6.com telah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang viral.

Kita pun bisa melakukan penelusuran informasi yang didapat untuk membuktikan benar atau salah secara mandiri, caranya dengan mengikuti tips dalam halaman berikut ini.

Simak 6 hoaks yang beredar dalam sepekan.

 

1. Justin Bieber Menyesal Divaksin Akan Menuntut Astrazeneca dan Pfizer

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pernyataan Justin Bieber  menyesal divaksin dan akan menuntut Astrazeneca  dan Pfizer. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Juni 2022.

Unggahan klaim Justin Bieber menyesal divaksin dan akan menuntut Astrazeneca dan Pfizer berupa tangkapan layar unggahan Twitter yang terdapat tulisan sebagai berikut.

"Yuhuuyyy Justin Beiber menyesal suntik micin Pfizer dan dia mau menuntut Pfizer"

Dalam tanggakapan layar tersebut juga terdapat tangkapan layar artikel BeritaSubang.com berjudul "Cek Fakta, Justin Bieber Sebut Kelumpuhan Wajah Akibat Vaksin Covid-19".

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Sudah Tidak Terhitung lagi Korban dari Vaksin Setan itu.Tapi kali ini yang jadi Korbannya adalah Artis Dunia, Justin Bieber.Justin Bieber mengatakan "Menyesal Menerima Vaksin, dan akan Menuntut Perusahaan Astrazeneca"."

Benarkah klaim Justin Bieber menyesal divaksin dan akan menuntut Astrazeneca dan Pfizer? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.

 

2. BPJS Kesehatan Bagikan Bantuan Rp 27 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi BPJS Kesehatan memberikan bantuan sebesar Rp 27 juta. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi BPJS Kesehatan memberikan bantuan sebesar Rp 27 juta berupa tulisan yang mengarahkan penerima pesan untuk memasuki tautan halaman situs atau menghubungi nomor WhatsApp.

Berikut informasi BPJS Kesehatan memberikan bantuan sebesar Rp 27 juta.

"Assalamu alaikum

kami dan BPJS

mengucpkan selamat no anda terplih mendaptkan bantuan 27JT

yg kmi undi scra acak

ID pemenang anda (BP45J9S) silahkan verifikasi kode anda

Di ADMIN kami

clik link dibawah

bit.ly/3Fa9emm

atau WhatsApp:+6283867132777 TERIMAKASIH"

Benarkah informasi BPJS Kesehatan memberikan bantuan sebesar Rp 27 juta? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Hoaks Berikutnya

3. Daging Manusia di Restoran Afrika, Eropa, AS dan Tiongkok

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia. Informasi tersebut dibagikan salah satu akun Facebook, pada 11 Juni 2022.

Klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia menampilkan potongan benda menyerupai daging yang berbentuk organ manusia.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"DAGING MANUSIA di restoran di AFRIKA - EROPA - ASIA - AS - TIONGKOK DAN SELURUH DUNIA.

Ini benar-benar akhir.

https://tsn.ua/.../u-londoni-vidkrili-shokuyuchiy-magazin..."

Benarkah klaim foto daging manusia di restoran Afrika, Eropa, AS, Tiongkok dan seluruh dunia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.

 

4. Makanan Kaleng Thailand Mengandung AIDS dan Daftar Minuman Kemasan Picu Penyakit Berbahaya

 Cek Fakta Liputan6.com memperoleh informasi seputar makanan kaleng Thailand mengandung AIDS dan daftar minuman kemasan memicu pengerasan otak hingga sumsum tulang belakang.

Informasi makanan kaleng Thailand mengandung AIDS dan daftar minuman kemasan memicu pengerasan otak hingga sumsum tulang belakang tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp seperti berikut ini.

 "InnaLillahi wa Inna Illaihi roji'un

Assalammu'alaikum Wr Wb

Breaking News : Meneruskan info dr Ibu Dubes KBRI KL

Tolong beritahu adek2, suami, isteri dan semua teman2 Perhatian ; Mulai saat ini jangan makan makanan kaleng ,terutama buah2an , khususnya produksi Thailand. Karena di negara itu ada kira2 200 orang pengidap aids kerja di pabrik kalengan, dan mereka masukkan darah mereka ke dalam kalengan2 itu , dan saat ini masalah tersebut telah diketahui DepKes Thailand sehingga kaleng2an tersebut telah banyak di sita ttpi lebih banyak yg sdh terlajur diekspor.  Contoh ; Lecy , Rambutan , Lengkeng , Mangga Puding dll. Setelah terima ini cepat kirim ke saudar2 n teman2 semua. Agar tidak konsumsi kalengan apapun...... Demi keselamatan kita semua. Info dr ibu dubes KBRI

(Rita Toisuta Arifson Kementrian Kesehatan RI)

Simak Beritanya :health.liputan6.hb/read/678535 {semoga bermanfaat}. Mohon bantu share ya..🙏🙏

[ ‼️‼️WARNING‼️‼️

Tolong disebar luas kan

Mohon ijin info Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menginformasikan bahwa saat ini sedang ada wabah Pengerasan Otak (Kanker Otak), Diabetes dan Pengerasan Sumsum Tulang Belakang (Mematikan sumsum tulang belakang).Untuk itu, hindarilah minuman sbb:

👉1. Extra Joss,

👉2. M-150,

👉3. Kopi Susu Gelas (Granita),

👉4. Kiranti,

👉5. Krating Daeng,

👉6. Hemaviton,

👉7. Neo Hemaviton,

👉8. Marimas,

👉9. Segar Sari shachet,

👉10. Frutillo,

👉11. Pop Ice,

👉12. Segar Dingin Vit. C,

👉13. Okky Jelly Drink,

👉14. Inaco,

👉15. Gatorade,

👉16. Nabati,

👉17. Adem Sari,

👉18. Naturade Gold,

👉19. Aqua Splash Fruit.

Karena ke-19 minuman tsb mengandung ASPARTAME (lebih keras dr biang gula) racun yg menyebabkan diabetes, v otak, dan mematikan sumsum tulang.

Info:RS Fatmawati , RSCM , RS Siloam , All RSNara sumber :Dr. H. Ismuhadi, MPH

Mohon dishare, sayangi keluarga anda."

Benarkah informasi seputar makanan kaleng Thailand mengandung AIDS dan daftar minuman kemasan memicu pengerasan otak hingga sumsum tulang belakang? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman  berikut ini.

3 dari 4 halaman

Hoaks Berikutnya

5. Berkumur dengan Air Rebusan Kulit Batang Mangga dan Garam Bisa Sembuhkan Sakit Gigi

 Klaim tentang berkumur dengan air rebusan kulit batang mangga dan garam bisa menyembuhkan sakit gigi beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 13 Mei 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi cara membuat ramuan dari kulit batang mangga dan garam untuk mengobati sakit gigi. Berikut narasinya.

 

"Resep JITU..

Assalamualaikum wr wb

Berawal dari pngalaman pribadi sakit gigi g sembuh2 beberapa tahun yg lalu. dapat ilmu dari seseorang.

Jika sakit gigi sudah kambuh rasa sakitnya bisa sampai ke ubun-ubun. Banyak hal yang tidak bisa kita lakukan saat sakit gigi. Mulai dari susah makan, tidak bisa tidur, hingga melakukan aktivitas tertentu karena badan lemas. Pokoknya rasanya syahdu...

Resep JITU.. sdh terbukti di praktekkan ke diri pribadi dan beberapa orang. Alhamdulillah sembuh dan g pernah kambuh lagi..Bahan

1. Kerokan kulit batang mangga

2. Garam dapur

3. Air hangat.

Cara :

-Kupas kulit batang pohon mangga. Kerok bagian dalam kulit pohon mangga kira2 berukuran 10 x 10cm yg berwarna putih sampai keluar seratnya baik yg menempel d batang mangga, ataupun pada bagian putih yg menepel pada kulit bagian dalam kulit pohon yg sdh dikupas tdi.(Sembarang pohon mangga pokox yg sdh mengeluarkan getah dan kulitx sdah retak2, diutamakan pohon bagian kulit yg sdh tua).

-Masukkan ke dalam gelas kopi kecil. Tambahkan 1 sendok teh garam dapur aduk dengan air hangat lalu kumurkan sampai habis. Jgn lupa baca Bismilah

-Pada saat kumur usahakan tahan air di dalam mulut dan masuk kedalam gigi yg brlubang sampai air terasa dingin (sdh g hangat lagi). Ingat pakai air hangat ya... bukan air panas.Cma buat kumur ya... Jgan d minum atau d telan.Efek :

Padat saat pertama kumur,gigi yg sakit memang terasa tegang (pokokx sampai sujud2 keluar air mata)setelah 3-5 mnit akan hilang tegangx.

Syarat :

Setelah di kumur, gigi yg berlubang jgn d sedot/d sesap2x lgi supaya pembuluh darah pda gigi tidak pecah lg. Insya Allah 2 sampai 3x berturut2 kumur pada hari berikutx (untuk penanganan supayah lbih manteb) gigi yg sakit akan segera sembuh total.

Entah apa kandungannya dr kutit batang mangga dan garam dapur itu, sampai skarang belum tau. Yang penting sakit gigi hilang dan ga kambuh lagi.

Itulah beberapa bahan yang dapat menyembuhkan sakit gigi silahkan dicoba," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 2.300 kali dibagikan dan mendapat 184 komentar dari warganet.

Benarkah berkumur dengan air rebusan kulit mangga dan garam dapur bisa menyembuhkan sakit gigi? Simak hasil penelusurannya di sini.

 

6.  Vaksin Covid-19 Sebabkan Justin Bieber Alami Kelumpuhan Wajah

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook.

Unggahan klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19 berupa tulisan sebagai berikut.

"BANGUNLAH-ORANG!JANGAN AMBIL TANDA BINATANG!!#EFEKPAKPUK..#BIJAKLAH.."

Tulisan tersebut disertakan dengan tautan artikel berjudul

"Why I'm 99% certain that Justin Bieber's facial paralysis was caused by the COVID vaccine" yang dimuat situs stevekirsch.substack.com

Benarkah klaim kelumpuhan wajah yang dialami Justin Bieber karena vaksin Covid-19? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com simak hasil penelusurannya di sini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.