Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Ma'ruf Amin Terbaru, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa menyerang siapa saja tak terkecuali Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Hoaks ini tersebar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Ma'ruf Amin? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Pernyataan Wapres Ma'ruf Amin Tak Sengaja Pakai Dana Haji Pemerintah Tak Berdosa

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pernyataan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak dosa. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook pada 10 Juni 2022.

Klaim pernyataan Wapres Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak berdosa tersebut berupa tangkapan layar artikel Vivanews berjudul

"Wapres: Pemerintah Gak Sengaja Memakai Dana Haji Jadi Tak Berdosa"

Dimuat pada Minggu, 21 Juni 2020. Ditulis oleh Lilis Khalisotussurur.

Dalam artikel tersebut terdapat foto berupa tangkapan layar artikel berjudul.

"Wapres Pemerintah Gak Sengaja Memakai Dana Haji Jadi Gak Berdosa".

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Owhh.... begitu ya?

Pantesan minta nambah lagi".

Benarkah Klaim pernyataan Wapres Ma'ruf Amin pemerintah tak sengaja pakai dana haji jadi tidak berdosa? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Ma'ruf Amin Salat Jenazah Disertai Rukuk dan Sujud

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Wakil Presiden Ma'ruf Amin salat jenazah disertai rukuk dan sujud. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim video Wakil Presiden Ma'ruf Amin salat jenazah disertai rukuk dan sujud menampilkan sejumlah orang sedang mendampingi seorang yang mengenakan baju putih penutup kepala hitam, kemudian seorang yang mengenakan baju putih tersebut terlihat sedang melakukan gerakan salat.

Dalam video terdapat tulisan "RAMAI JADI PERBINCANGAN ADA YANG TAU BAPAK INI SHALAT Bapak INI SALAT APA!!".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Viral,sampai memalukan,sesudah lebaran,ada pejabat malasia yg wafat,indonesia mengutus wakil peresiden kemalasia utk ta'ziyah beserta ibu dan paspamfres,begitu solat jenajah Alloh hilangkan 'ilmu dan barokah WAKIL PERESIDEN,BEGITU SOLAT JENAZAH PAKE RUKU DAN SUJUD,EDAAAAN,SEMUA AJUDAN DAN DUTA BESAR MALU DAN BINGUNG,JUGA PARA ULAMA MALASIA YG MAU JADI MA'!Mum pada bubar,karna MA'RUP AMIN SOLAT JENAZAH PAKE RUKU DAN SUJUUUUD,MALU KITA PUNYA WAKIL YG GELAR KIYAI HILANG DICABUT BAROKAH ILMUNYA OLEH ALLOH SWTšŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­šŸ˜­ngeriiiiiiiiii wahai saudarakuuuuuuuuuuuuuuuuuuuui,akibat suruh rakyat makan pisang 2,dia makan kenyang dari duit rakyat yg lagi susaaaaaah".

Benarkah video Wakil Presiden Ma'ruf Amin salat jenazah disertai rukuk dan sujud? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Artikel Berita Berjudul "Ma'ruf Amin: Kalau Jokowi Terpilih Lagi 3 Periode Ibu-Ibu Cukup Bayar Pakai Kartu"

Beredar di media sosial postingan artikel berita berjudul "Ma'ruf amin: kalau jokowi terpilih lagi 3 periode ibu-ibu cukup bayar pakai kartu". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 8 April 2022.

Dalam postingannya terdapat cuplikan artikel berita berjudul "Ma'ruf amin: kalau jokowi terpilih lagi 3 periode ibu-ibu cukup bayar pakai kartu".

Akun itu menambahkan narasi: "Ni Mbah, kaget kali ya tua nya di istana kodok, apa2 pake kartu gaple (doyan maen kartu yah)"

Lalu benarkah postingan artikel berita berjudul "Ma'ruf amin: kalau jokowi terpilih lagi 3 periode ibu-ibu cukup bayar pakai kartu"? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.