Sukses

KPU Sulteng Andalkan Media Sosial Tangkal Hoaks Kepemiluan

Liputan6.com, Jakarta - Antisipasi maraknya hoaks saat Pemilu 2024 terus dilakukan oleh KPU. Salah satunya KPU Provinsi Sulteng yang akan memanfaatkan media sosial untuk menangkal hoaks dan ujaran kebencian seputar kepemiluan.

Hal ini disampaikan oleh Komisione KPU Sulteng, Sahran Raden. Ia menyebut langkah itu dilakukan agar seluruh tahapan pemilu di Sulteng berjalan lancar, aman, tertib, dan tidak menimbulkan gejolak yang dapat merugikan masyarakat.

Meski demikian ia menyatakan partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk membantu menangkal hoaks dan ujaran kebencian di medsos. Pasalnya, tanpa peran masyarakat maka usaha yang dilakukan KPU tidak akan berjalan sesuai harapan.

"Menangkal informasi hoaks dan ujaran kebencian soal pemilu saat ini harus dilakukan lewat media sosial, makanya humas berada di garda terdepan untuk melakukan itu. Nantinya humas akan menyebarluaskan di berbagai platform medsos," ujar Sahran dilansir Antara.

"Hoaks dan ujaran kebencian dalam mendelegitimasi jalannya tahapan pemilu dan memecah belah persatuan antar kelompok masyarakat. Itu sebabnya partisipasi masyarakat untuk melawan hoaks sangat dibutuhkan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.