Sukses

Kominfo Didorong Tingkatkan Literasi Digital dan Nilai Luhur Pancasila

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI didorong meningkatkan literasi digital yang memuat penerapan nilai-nilai luhur Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR, Teuku Riefky Harsya mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI berfokus meningkatkan literasi digital yang memuat penerapan nilai-nilai luhur Pancasila.

"Kami di Komisi I DPR RI terus mendorong Kemkominfo RI agar fokus pada upaya peningkatan literasi digital dengan mengedepankan implementasi nilai-nilai luhur Pancasila," kata Riefky dilansir dari Antara, Jumat (3/6/2022).

Menurutnya, literasi digital bermuatan nilai luhur Pancasila dapat membentuk generasi emas yang tidak hanya cakap dalam memaksimalkan perkembangan teknologi digital, tetapi senantiasa berpijak pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Adapun nilai-nilai luhur Pancasila itu, lanjut Riefky, mencakup prinsip berketuhanan sebagai sumber moralitas dan spiritualitas, sikap menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, menjaga keutuhan keberagaman, memanfaatkan musyawarah dalam mengambil keputusan, serta mengutamakan nilai keadilan.

Riefky menilai perkembangan teknologi digital ibarat pisau bermata dua. Artinya, di satu sisi perkembangan itu dapat memberikan jaminan kecepatan informasi yang jika dimanfaatkan dengan baik, tetapi di sisi lain perkembangan teknologi menjadi tantangan dalam kehidupan berbangsa karena membuat informasi bersifat destruktif (merusak) lebih mudah diakses masyarakat.

"Perkembangan teknologi digital dengan leluasa memberikan peluang bagi informasi destruktif yang mudah dikonsumsi masyarakat, tanpa ada saringan. Apalagi, jika mengutip hasil survei The Inclusive Internet Index, posisi kemampuan literasi digital Indonesia saat ini masih berada pada peringkat ke-66 di dunia," tutur Riefky.

Oleh karena itu, ujar dia, masyarakat Indonesia memerlukan literasi digital yang mengajarkan mereka agar mampu menjaga penerapan nilai-nilai luhur Pancasila saat memanfaatkan teknologi digital.

Riefky mengatakan sebagai warga negara yang baik, maka seluruh masyarakat Indonesia berkewajiban menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila.

Menurut dia, Indonesia akan mampu menciptakan sumber daya manusia yang unggul apabila nilai-nilai Pancasila diimplementasikan oleh seluruh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.