Sukses

Deretan Hoaks Seputar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menjadi salah satu tokoh yang kerap diterpa hoaks. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Menag Yaqut Rangkul Ragil Mahardika

Sebuah foto yang diklaim Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas merangkul Ragil Mahardika beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 11 Mei 2022.

Dalam foto tersebut, Menag Yaqut tampak merangkul pria mirip Ragil Mahardika. Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor terlihat mengenakan kemeja putih dan peci hitam.

Sedangkan pria mirip Ragil itu mengenakan kemeja hijau dan peci hitam. Keduanya sambil berpose mengangkat jempol ke arah kamera. Foto itu kemudian dikaitkan dengan klaim bahwa Menag Yaqut merangkul Ragil Mahardika.

"Orangnya Ormasnya itu itu juga," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 5 kali dibagikan dan mendapat 8 komentar warganet.

Benarkah dalam foto itu Menag Yaqut merangkul Ragil Mahardika? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Artikel Liputan6.com Berjudul "Hari Raya Idul Fitri 1443 H Resmi Diundur Menag: Ada Kecurangan"

Kabar tentang Hari Raya Idul Fitri 1443 H diundur beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan salah satu akun TikTok beberapa hari lalu.

Akun TikTok tersebut mengunggah konten gambar tangkapan layar yang diklaim dari artikel Liputan6.com berjudul "Hari Raya Idul Fitri 1443 H Resmi Diundur Menag: Ada Kecurangan". Artikel tersebut terdapat foto dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dan tayang pada 21 April 2022.

"Pemerintah memastikan hari raya Idul Fitri 1443 H diundur karena dianggap banyak kecurangan yang tidak puasa ikut-ikutan beli baju lebaran," demikian narasi dalam gambar tersebut.

"Alhamdulillah masih kuat puasa, baru batal 20 hari. Udah pada beli baju lebaran blm nih," tulis salah satu akun TikTok.

Konten yang disebarkan akun Tiktok tersebut telah beberapa kali dibagikan dan mendapat 445 komentar dari warganet.

Lalu benarkah konten gambar tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Menag Yaqut Sebut Haji Dibatalkan dan Dananya Dipakai Bangun IKN

Kabar tentang Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membatalkan haji dan dananya dipakai untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun akun Facebook pada 30 Maret 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar tangkapan layar artikel yang diklaim dari merdeka.com berjudul "Menag Yaqut: Haji dibatalkan dulu tahun ini uangnya dipakai untuk bangun IKN Nusantara".

"Menteri akhir zaman.!!" tulis akun salah satu Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook telah 36 kali dibagikan dan mendapat 113 komentar warganet.

Benarkah Menag Yaqut membatalkan haji dan dananya dipakai untuk membangun IKN Nusantara? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.