Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar PPKM, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks terkait PPKM masih beredar di masyarakat. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait PPKM? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar PPKM Berakhir pada 9 Mei 2022

Beredar di media sosial postingan yang menyebut PPKM berakhir pada 9 Mei 2022. Postingan itu beredar sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 9 Mei 2022.

Berikut isi postingannya:

"Info dari CNN Indonesia 9 Mei PPKM Berakhir Tapi kenapa Kejombloanmu belum Berakhir"

Selain itu ada juga akun lain yang mengunggah postingan dengan narasi sebagai berikut:

"PPKM di Indonesia Resmi Berakhir Hari Ini."

Akun itu menambahkan narasi:

"Hai MOP Lovers!Akhirnya kabar baik yang selama 2 tahun ini ditunggu-tunggu datang juga!!PPKM di Indonesia resmi berakhir hari ini 😱

Yuk absen di bawah sini, kegiatan apa yang MOP Lovers mau lakuin setelah PPKM ini berakhir.Pasti udah pada gak sabar banget kannn??"

Lalu benarkah postingan yang menyebut PPKM akan berakhir pada 9 Mei 2022? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Pemerintah Terapkan PPKM Level 4 Pada 24 Desember karena Ada Varian Covid-19 Baru

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pemerintah menerapkan PPKM level 4 pada 24 Desember karena ada varian baru Covid-19, informasi tersebut diunggah salah satu pengguna Facebook, pada 26 November 2021.

Klaim pemerintah menerapkan PPKM level 4 pada 24 Desember karena ada varian baru Covid-19 yang diunggah berupa tulisan seperti berikut:

"Siap siap!!!

PPKM level 4 akan segera diberlakukan pada 24 desember!!!!!

Pentanyaanya????!!!!

Kok pemerintah sudah tau ya,bahwa kalau tgl 24 akan ada varian baru lagi

😂😂😂😂...

Hebat betul!!!!

jenius banget otaknya!!!?

Apa bisnis PCR masih kurang...

Apa korupsinya masih kurang besar....Curiga cuma akal akalan aja....supanya nanti menjelang puasa dan hariraya umat islam betul betul di lockdown lagi....supaya umat islam diam ditempat jaga jarak sholat,gak boleh jabat tangan dll....hebat!!!!!!!!!

Kita lihat aja predeksi ini kedepanya......."

Benarkah pemerintah menerapkan PPKM level 4 pada 24 Desember karena ada varian baru Covid-19? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Bansos Dihentikan Saat PPKM Diperpanjang

Kabar tentang bantuan sosial (bansos) dihentikan saat PPKM diperpanjang beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 22 September 2021.

Salah satu akun Facebook mengunggah sebuah narasi berisi tidak dilanjutkannya bansos bagi masyarakat saat PPKM diperpanjang.

"PPKM diperpanjang terus ' BANSOS dihentikan ' gimna hidup ini ya Allah," tulis akun Facebook tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 18 kali direspons dan mendapat 6 komentar warganet.

Benarkah bansos dihentikan saat PPKM diperpanjang? Simak dalam artikel berikut ini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.