Sukses

Hoaks Makin Marak, Masyarakat Diminta Aktif Verifikasi Informasi

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Bupati Serdang Bedagai, Adlin Umar Yusri Tambunan meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan derasnya informasi yang muncul di dunia maya. Ia menyebut tidak semua informasi berdasarkan fakta dan justru berpotensi hoaks.

Hoaks memang menjadi salah satu masalah besar di semua negara saat ini. Peran pemerintah saja dinilai tidak akan cukup untuk memerangi hoaks.

Itu sebabnya masyarakat diminta aktif untuk melawan hoaks termasuk dengan tidak menyebarkan informasi yang belum pasti kebenarannya.

"Pada saat kita menerima informasi, terlebih dahulu jangan langsung reaktif menyebarkan atau sharing. Apalagi informasi tersebut sifatnya mendesak atau sensitif. Mula-mula kita harus cross-check kebenaran informasi tersebut," ujar Adlin seperti dilansir Infopublik.

"Masyarakat harus aktif melakukan verifikasi berita atau informasi dengan mengandalkan sumber resmi. Sumber resmi ini bisa website atau kanal media pemerintah atau media massa yang sudah punya kredibilitas."

"Tujuan dari si penyebar informasi ini kan untuk menciptakan kegaduhan dan perpecahan di tengah masyarakat. Jangan sampai kita ikut membantu mereka mencapai tujuannya. Apalagi sekarang sudah ada regulasi yang mengatur kalau tidak hanya pembuat, namun orang yang menyebarkan berita bohong juga bisa dikenai sanksi hukum," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.