Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar MotoGP, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP merupakan salah satu ajang olahraga terbesar dunia saat ini. Sayangnya, hoaks terkait ajang balap motor itu kerap beredar di masyarakat.

Lalu apa saja hoaks terkait MotoGP? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Kemenkeu Lelang Barang Pemberian Pembalap MotoGP Pada Penonton di Mandalika

Beredar di media postingan yang menyebut Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melelang barang pemberian pembalap MotoGP pada penonton di Mandalika. Postingan itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 31 Maret 2022.

Dalam akun itu terdapat postingan artikel berita berjudul : "Kemenkeu Segera Lelang Barang Pemberian Pebalap MotoGP Mandalika yang Didapat Penonton".

Akun itu juga menyertakan narasi:

"Bentar bentar ini konsepnya gimana..Yang dapat penonton..Terus...."

Lalu benarkah postingan yang menyebut Kemenkeu akan melelang barang pemberian pembalap MotoGP pada penonton di Mandalika? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Pembalap MotoGP Marc Marquez Meninggal Dunia

Sebuah video yang diklaim pembalap MotoGP Marc Marquez meninggal dunia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 20 Maret 2022.

Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan Marquez yang tengah menunggangi motor terjatuh saat balapan. Kemudian gambar berganti dengan berkumpulnya seluruh pembalap MotoGP dan tim di lintasan sirkuit, seakan-akan sedang memperingati suatu kejadian.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan meninggalnya pembalap MotoGP asal Spanyol, Marc Marquez.

"Bang itu yang meninggal Marck Marquez," demikian narasi dalam video tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 159 ribu kali ditonton dan mendapat 269 komentar warganet.

Benarkah dalam video itu pembalap MotoGP Marc Marquez meninggal dunia? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jokowi Berikan Minyak Goreng ke Pembalap MotoGP Miguel Oliveira

Sebuah foto yang diklaim Presiden Jokowi memberikan minyak goreng kemasan ke pembalap MotoGP Miguel Oliveira beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 22 Maret 2022.

Dalam foto tersebut, tampak Jokowi yang mengenakan jaket berwarna merah memberikan minyak goreng untuk Miguel Oliveira di atas podium.

"Juara 1 dapat trofi ❎

Juara 1 dapat minyak ✅

Miguel Oliveira : Mayan dapet minyak, buat stok dirumah 😂," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat 19 komentar warganet.

Benarkah dalam foto itu Jokowi memberikan minyak goreng kemasan ke pembalap MotoGP Miguel Oliveira? Simak dalam artikel berikut ini...

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS