Sukses

Deretan Hoaks Seputar Facebook, Diretas Remaja Hingga Bukti Vaksinasi Untuk Akses Akun

Facebook menjadi salah satu perusahaan teknologi yang kerap menjadi sasaran hoaks. Hoaks terkait Facebook punya beragam tema dan beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook menjadi salah satu perusahaan teknologi yang kerap menjadi sasaran hoaks. Hoaks terkait Facebook punya beragam tema dan beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar Facebook? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Akses Akun Facebook Gunakan Bukti Vaksinasi Covid-19

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim bukti vaksinasi sebagai syarat untuk mengakses akun Facebook. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 30 Oktober 2021.

Dalam postingannya terdapat tampilan awal untuk mengakses akun Facebook dengan tulisan "Log in with your Vaccine ID" atau dalam Bahasa Indonesia "Masuk dengan Bukti Vaksinasi"

Selain itu akun tersebut juga menambahkan narasi:

"Log in with your vaccine ID

bahasa sederhananya yang tidak di FUCKSIN tidak bisa menggunakan media sosial

(penjajahan terkejam adalah membuat orang yang terjajah sampai merasa tidak terjajah)"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim bukti vaksinasi sebagai syarat masuk akun Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Remaja Asal China, Sun Jisu Meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram

Kabar tentang seorang remaja asal China bernama Sun Jisu meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram pada awal Oktober 2021 lalu beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar seorang remaja yang diklaim Sun Jisu yang meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram.

"Meet the 13 year old Chinese hacker, Sun Jisu, That brought down Facebook, WhatsApp and Instagram for 6 Hours," demikian narasi dalam gambar tersebut.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons dan mendapat komentar 1 warganet.

Benarkah seorang remaja asal China bernama Sun Jisu meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tautan Ini Diklaim Bisa Ketahui Orang yang Intip Facebook Anda, Simak Kebenarannya

Pada 10 Februari 2021, seorang pengguna Facebook, Faried Faried mengunggah sebuah tautan yang diklaim bisa mengetahui orang yang mengintip profil Facebook pribadi.

Faried Faried menyebut tautan ini bisa membaca orang yang melihat Facebook Anda, termasuk mantan atau gebetan. Begini narasinya:

"Sekedar ngasih tau ajah nih yang masih penasaran ? soal mantan / gebetan kita, ada yang suka diem2 dan naksir sama kita dan selalu ngepoin FACEBOOK PROFIL kita setiap hari

cek disini >>"

Akun tersebut juga membagikan tautannya, yakni: 'fbkeepoo2021.launchaco.com'

Lalu, benarkah ada tautan yang bisa mengetahui orang yang mengintip profil Facebook pribadi? Simak dalam artikel berikut ini...

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.