Sukses

Tingkat Vaksinasi Rendah, Mendagri Minta Kepala Daerah Aceh Tangani Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut banyak hoaks terkait vaksin covid-19 membuat masyarakat takut. Ia berharap para kepala daerah bisa membantu untuk memberikan informasi yang benar seputar vaksin covid-19.

Salah satu provinsi di Indonesia yang tingkat vaksinasi covid-19 rendah adalah di Aceh. Hingga 12 Desember 2012 baru 23,28 persen warga Aceh yang sudah mendapatkan dosis penuh vaksin covid-19.

Tito menyebut hal itu sebagai tantangan bagi seluruh kepada daerah di Aceh. Apalagi Pemerintah menargetkan hingga akhir tahun ini capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 70 persen.

"Saya minta tolong dibantu untuk menetralisir hoaks seputar penolakan vaksin. Saya menilai seluruh kepala daerah berpengalaman betul menangani hoaks," ujar Tito dilansir Antara.

"Salah satu cara untuk menangani hoaks adalah dengan melibatkan para tokoh yang berpengaruh di masyarakat. Selain itu upaya melibatkan para tokoh agama menjadi penting jika hoaksnya berkaitan dengan paham keagamaan."

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS