Sukses

Simak Kumpulan Hoaks Terkini yang Menyerang Presiden Jokowi dan Menteri

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, tidak terkecuali Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajaran menteri. Informasi palsu yang disajikan pun beragam dari seputar politik sampai olahraga.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi viral seputar menteri hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti hoaks.

Simak kumpulan hoaks seputar Presiden Jokowi dan menteri:

1. Presiden Jokowi Copot Menag Yaqut pada 27 Oktober 2021

Beberapa waktu lalu tersebar informasi mengenai Presiden Jokowi mencopot Yaqut Cholil Qoumas dari jabatan Menteri Agama. Informasi ini disebarkan salah satu akun Facebook pada 27 Oktober 2021.

Unggahan tersebut berupa video dengan berisi beberapa cuplikan dari Yaqut dan beberapa politisi yang lain.

Video tersebut telah 10 ribu1,6 juta kali ditonton, 21 ribu kali disukai dan mendapat 21 ribu lebih komentar dari warganet.

Lalu, benarkah Presiden Jokowi mencopot Yaqut Cholil Qoumas dari jabatan Menteri Agama? Simak dalam artikel berikut ini.

 

2. Barcelona Tunjuk Luhut Binsar Pandjaitan Jadi Pelatih Gantikan Ronald Koeman

Beredar di media sosial postingan yang menyebut Barcelona menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih menggantikan Ronald Koeman. Postingan itu ramai beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun yang mempostingnya berada di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 29 Oktober 2021.

Dalam postingannya terdapat potongan cuplikan layar artikel berita berjudul "Barcelona Tunjuk Luhut Panjaitan Sebagai Pelatih Menggantikan Ronald Koeman"

Selain itu postingan juga disertai narasi:

"Catalunya - Barcelona telah menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih kepala setelah kepergian Ronald Koeman, kata klub Liga Spanyol itu dalam sebuah pernyataan, Kamis (28/10/2021).

Koeman dipecat setelah Barca kalah 1-0 dari Rayo Vallecano pada Rabu, kekalahan keempat mereka dalam enam pertandingan di semua kompetisi.

"(Luhut) akan mengambil posisi sebagai pelatih kepala tim utama penuh waktu untuk menggantikan Ronald Koeman yang dipecat," kata klub Catalan dalam sebuah pernyataan.

Manajemen Barcelona mengatakan, penunjukan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih kepala Barcelona tak lepas dari kinerja apik yang ditunjukkan oleh Luhut di pemerintahan Jokowi - Ma'ruf. Menurut manajemen Barcelona, mereka terkesima melihat performa Luhut ketika ditunjuk menjadi Koordinator PPKM Jawa - Bali, juga ketua Dewan Pengarah Penyelamatan 15 Danau Prioritas Nasional, serta ketua Komite Kereta Cepat Jakarta - Bandung. Hal ini membuat manajemen Barcelona tak ragu untuk menunjuk Luhut sebagai pelatih kepala"

Lalu benarkah postingan yang menyebut Barcelona menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pelatih menggantikan Ronald Koeman? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

3. Presiden Jokowi dan Menag Yaqut Tak Ucapkan Selamat Tahun Baru Islam

Kabar tentang Presiden Jokowi dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak mengucapkan selamat tahun baru islam beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Karya Tailor pada 13 Agustus 2021.

Akun Facebook Karya Tailor mengunggah gambar tangkapan layar cuitan dari akun Twitter @yashudha_naka. Akun Twitter tersebut mengunggah narasi bahwa presiden dan menteri agama tidak mengucapkan selamat tahun baru islam.

"TVRI MAUPUN TIPI SWASTA TDK ADA SATUPUN UCAPAN TAHUN BARU ISLAM. DARI MENTRI AGAMA ATAUPUN DR PRESIDEN.

ASTAGHFIRULLAH.

APAKAH NEGARA INI SUDAH JD NEGARA KOMUNIS? serius tanya?"

"BIPANG MANA TAU TAHUN HIJRIYAH," tulis akun Facebook Karya Tailor.

Konten yang disebarkan akun Facebook Karya Tailor telah 20 kali direspons dan mendapat 6 komentar warganet.

Benarkah presiden dan menteri agama tidak mengucapkan selamat tahun baru islam? Simak dalam artikel berikut ini.

 

4. Foto Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto calon Panglima TNI pilihan Jokowi

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto calon Panglima TNI pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), klaim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 6 November 2021.

Unggahan klaim foto calon Panglima TNI pilihan Jokowi tersebut berupa tangkapan layar artikel berjudul "Jokowi Pilih Andika Jadi Calon Panglima" yang ditulis oleh Delvira Huta Barat, pada 3 November 2021.

Pada artikel tersebut terdapat foto seorang dengan rambut sebahu.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Makin kacau negeri ku"

Benarkah foto tersebut calon Panglima TNI pilihan Jokowi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.