Sukses

Waspada Akun Investasi Palsu Catut Nama Bank Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia meminta masyarakat untuk mewaspadai penawaran program investasi online yang mengatasnamakan lembaga tersebut. Informasi ini banyak beredar melalui aplikasi percakapan Telegram.

Dalam sebuah grup bernama “Investor Bank Indonesia”, terdapat penawaran untuk menitipkan modal investasi secara online. Grup itu juga mengklaim investasi itu aman, terpercaya dan diawasi OJK dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Bank Indonesia pun segera melakukan klarifikasi terkait informasi itu. Melalui website resminya, Bank Indonesia (bi.go.id) mengungkap bahwa informasi ini merupakan hoaks.

"#BIWaspadaHoaks kali ini, ingin mengingatkan kembali bahwa Bank Indonesia tidak pernah menawarkan kegiatan investasi online."

Bank Indonesia juga mengimbau masyarakat agar senantiasa memverifikasi kebenaran setiap informasi yang diterima ke akun-akun resmi Bank Indonesia atau menghubungi ke 131.

"Jika percaya, bukannya untung malah buntung. Jadi, konfirmasi informasi sebelum meyakini yuk. Salah satunya, hubungi  #Bicara131 untuk mendapat informasi resmi seputar Bank Indonesia."

(Penulis: Azarine Jovita Halim)

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.