Sukses

TikTok Hapus Lebih Dari 27 Ribu Video Hoaks Terkait Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Platform media sosial TikTok telah menghapus sejumlah 81.518.334 juta video yang dianggap melanggar pedoman komunitas atau persyaratan layanan selama periode waktu 1 April hingga 30 Juni 2021.

Penghapusan ini menggunakan teknologi baru TikTok yang secara otomatis menghapus konten yang melanggar kebijakan mulai dari keamanan, konten telanjang dan aktivitas seks, konten kekerasan dan vulgar, hingga aktivitas ilegal.

Khusus soal covid-19, video yang dihapus pun tak kalah banyak.

"Pada kuartal kedua, TikTok menghapus 27.518 video terkaitĀ hoaks atau informasi palsu seputarĀ covid-19. Ada 83 persen dari video ini yang dihapus sebelum dilaporkan oleh pengguna. Selain itu 87,6 persen dari video ini dihapus dalam waktu 24 jam setelah diposting, dan 69,7 persen dari video tersebut tidak ditonton" bunyi laporan TikTok dilansir Techcrunch.

Selain itu Pusat Informasi Covid-19 yang dibuat TikTok bekerjasama dengan WHO dan CDC telah disaksikan lebih dari 921 juta kali oleh penggunanya di seluruh dunia.

Sejalan dengan kegiatan yang kini dilakukan oleh YouTube dan Facebook, TikTok juga telah melarang dan menghapus konten hoaks atau konten yang menyesatkan tentang covid-19, vaksin, dan disinformasi antivaksin.

(Penulis: Azarine Jovita Halim)

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.