Sukses

Cek Fakta: Hoaks Surat Pemanggilan Seleksi Calon Karyawan Pertamina Bina Medika

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati surat pemanggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina Bina Medika 14 Oktober 2021, beredar di tengah masyarakat.

Surat pemanggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina Bina Medika 14 Oktober 2021 memuat waktu seleksi tes kemampuan dasar calon karyawan dan jadwal kegiatan

Surat tersebut juga memuat 30 nama calon karyawan dan ketentuan syarat ketentuan mengikuti seleksi, salah satunya mengirimkan registrasi data diri ke pihak agen travel.

Benarkah surat pemanggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina Bina Medika 14 Oktober 2021? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri surat pemanggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina Bina Medika 14 Oktober 2021, dalam pengumuman "Waspada Penipuan" situs pertamedika.co.id menyebutkan, muncul penawaran pekerjaan yang berasal dari organisasi atau kelompok yang tidak benar yang berpura-pura mengatasnamakan bagian dari PT Pertamina Bina Medika atau orang yang mengaku bekerja atau memiliki hubungan dengan PT Pertamina Bina Medika.

Penawaran yang disampaikan menyatakan bahwa orang tersebut memenuhi kualifikasi sebagai pekerja (baik local maupun ekspatriat) di PT Pertamina Bina Medika dan meminta untuk mentransfer sejumlah uang sebagai ijin kerja, polis asuransi, dll.

Untuk diketahui PT Pertamina Bina Medika (baik secara organisasi yang melakukan rekrutmen atas nama PERTAMEDIKA) tidak pernah meminta uang atau pembayaran dari pelamar dalam setiap tahapan rekrutmen. Setiap orang yang berhasil mendapatkan penawaran dari PT Pertamina Bina Medika, baik secara langsung atau pun tidak langsung, akan diminta untuk mengikuti proses rekrutmen formal. Seluruh komunikasi harus berasal dari e-mail resmi PT Pertamina Bina Medika dan bukan dari e-mail dari internet seperti hotmail, yahoo, dll.

Akun Istagram resmi Pertamina Bina Medika @pertaminabinamedika mengunggah tangkapan layar yang identik dengan klaim, tangkapan layar tersebut diberi tanda bertuliskan "Awas Penipuan!"

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri surat pemanggilan seleksi karyawan PT Pertamina Bina Medika

 

Sumber:

http://www.pertamedika.co.id/fraud.aspx

https://www.instagram.com/stories/highlights/17962572736127935/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, surat pemanggilan seleksi karyawan PT Pertamina Bina Medika 14 Oktober 2021 tidak benar.

Surat tersebut tidak diterbitkan secara resmi oleh Pertamina Bina Medika, setiap orang yang berhasil mendapatkan penawaran dari PT Pertamina Bina Medika, baik secara langsung atau pun tidak langsung, akan diminta untuk mengikuti proses rekrutmen formal. Seluruh komunikasi harus berasal dari e-mail resmi PT Pertamina Bina Medika dan bukandari e-mail dari internet seperti hotmail, yahoo, dll.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.