Sukses

Facebook Dinilai Kurang Maksimal Kurangi Penyebaran Hoaks Seputar Perubahan Iklim

Dalam studinya, Friends of Earth menemukan bahwa hoaks seputar perubahan iklim masih menyebar dengan masif di Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya Facebook untuk mengurangi hoaks terkait perubahan iklim dirasa masih kurang maksimal. Hal ini disampaikan oleh salah satu organisasi lingkungan, Friends of Earth.

Dalam studinya, Friends of Earth menemukan bahwa hoaks seputar perubahan iklim masih menyebar dengan masif di Facebook. Akibatnya tentu sangat fatal karena bisa memengaruhi warga maupun pembuat kebijakan melawan krisis iklim.

Itu sebabnya Friends of Earth meminta Facebook bertindak lebih banyak untuk mengurangi penyebaran hoaks itu.

"Untuk perusahaan yang menghasilkan 85 miliar dolar AS per tahun, program 1 juta dolar yang mengalihdayakan masalah yang mereka buat menunjukkan bahwa Facebook tidak serius menyelesaikan disinformasi iklim," ujar salah satu pendiri Friends of the Earth, Michael Khoo dilansir Mother  Jones.

"Facebook tahu ada akun-akun yang sengaja menyebar hoaks seputar perubahan iklim dan mereka harus mengakhirinya," katanya menambahkan.

Facebook sendiri membantah tuduhan tersebut. Mereka menilai upaya serius telah dilakukan salah satunya dengan meluncurkan fitur Pusat Informasi Perubahan Iklim belum lama ini.

"Pusat Informasi ini akan menghubungkan pengguna ke informasi yang terpercaya dan terkini tentang perubahan iklim," bunyi pernyataan Facebook.

(MG/ Azarine Jovita Halim)

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.