Sukses

Pesan Berantai Hoaks Sepekan: WHO Bagikan Kuota Internet hingga Pulsa 250 Ribu dari Kemendikbud

Beberapa kabar hoaks melalui pesan berantai masih bermunculan. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk pesan berantai.

Salah satunya informasi yang menyebut WHO membagikan kuota internet gratis dalam rangka ulang tahun ke-10. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak awal pekan kemarin.

Dalam pesan berantai yang beredar juga ditautkan link dengan logo Whatsapp dan kepanjangan dari WHO. Berikut isi pesan berantai itu selengkapnya:

"World Health Organization

To celebrate our 10th anniversary we give 1000 GB of free internet

You can now get free internet bundle of 50GB (All Networks) valid for 90days in Celebration of WhatsApp Anniversary.

I Have Received Mine.Hurry before it's Exhausted

https://bosvip1.top/j/50G/?s=1"

Namun setelah ditelusuri, pesan berantai yang mengklaim WHO membagikan kuota internet 1000 GB dalam rangka ulang tahun ke-10 adalah hoaks.

Selain informasi WHO membagikan kuota internet 1000 GB dalam rangka ulang tahun ke-10, terdapat pesan berantai hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pulsa 250 Ribu dan Kuota 75 GB Periode Desember dari Kemendikbud

Cek Fakta Liputan6.com menemukan informasi pembagian pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB untuk belajar jarak jauh periode Desember dari Kemendikbud.

Informasi pembagian pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB untuk belajar jarak jauh periode Desember dari Kemendikbud tersebut beredar lewat WhatsApp.

Berikut informasi tersebut:

"gratis-kuota.xyz/?v=Subsidi75GB

KEMENDIKBUDProgram kuota belajar pulsa 250rb dan kuota 75GB untuk dosen, guru, siswa, mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh periode desember!Batas akhir 2021-10-13"

Pada informasi tersebut dicantumkan tautan yang mengarah pada menun pendaftaran untuk mendapatkan pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB belajar.

Setelah ditelusuri, informasi pembagian pulsa 250 ribu dan kuota 75 GB untuk belajar jarak jauh periode Desember dari Kemendikbud tidak benar.

Situs resmi tentang bantuan kuota internet bekajar hanya kuota-belajar.kemdikbud.go.id, program, pemerintah hanya memberi kuota belajar hingga November 2021, besaran kuota internet yang dibagikan tidak mencapai 7GB dan tanpa memberikan pulsa.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.