Sukses

Ragam Hoaks Seputar Vladimir Putin: Anaknya Ikut Uji Klinis Vaksin Hingga Bermain Piano Hymne Indonesia Raya

Sosok kepala negara atau kepala pemerintahan kerap dijadikan bahan hoaks tak terkecuali untuk Vladimir Putin.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok kepala negara atau kepala pemerintahan kerap dijadikan bahan hoaks tak terkecuali untuk Vladimir Putin. Hoaks seputar Presiden Rusia itu kerap beredar di media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Vladimir Putin? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Vladimir Putin Bermain Piano Nyanyikan Hymne Indonesia Raya

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan video Presiden Rusia Vladimir Putin yang diklaim sedang bermain piano lagu hymne Indonesia Raya. Postingan video itu ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu akun yang mempostingnya bernama Preng Ireng Coffe. Dia mengunggahnya di Facebook pada 15 Agustus 2021.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 1 menit 17 detik dengan gambar Vladimir Putin sedang bermain piano. Nada dari video tersebut sama dengan nada lagu Indonesia Raya.

Postingan itu diberi judul: "Presiden putin memainkan piano dengan lagu indonesia raya"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Presiden Rusia Vladimir Putin bermain piano membawakan hymne Indonesia Raya? Simak dalam artikel berikut ini...

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Lainnya

2. Cek Fakta: Tidak Benar Vladimir Putin Larang Pernikahan Beda Agama di Rusia, Ini Buktinya

Beredar klaim di media sosial Facebook yang menyebut Presiden Rusia, Vladimir Putin melarang pernikahan beda agama di negaranya. Dalam klaim disebutkan pria Islam tidak boleh menikahi wanita non-Muslim.

Salah seorang pengguna Facebook yang mengunggah klaim Vladimir Putin melarang pernikahan beda agama adalah Assam Alert. Begini narasinya:

"Seorang pria muslim tidak bisa menikahi wanita non-muslim di Rusia. Diperintahkan oleh Presiden Vladimir Putin."

Klaim tersebut berada di Facebook pada 19 November 2020. Sejak berada di ruang digital, klaim tersebut mendapat 300 respons, 25 komentar, dan 63 kali dibagikan warga Facebook lainnya.

Lalu, benarkah klaim tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Foto Wanita yang Sedang Divaksin adalah Putri Presiden Rusia Vladimir Putin

Beredar postingan foto dan video di media sosial foto putri Presiden Rusia, Vladimir Putin sedang divaksin. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak pekan ini.

Salah satunya adalah akun Egon Ronk. Dia mempostingnya di Facebook pada Kamis (13/8/2020).

Postingan tersebut mendapat sembilan komentar dan tiga kali dibagikan. Dalam postingan tersebut terdapat narasi:

"Putri Presiden Rusia Vladimir Putin. Orang pertama yg sdh di vaksin oleh vaksin yang ditemukan oleh kedokteran Rusia. Bukan vaksin Cina, dan ini keteladanan pemimpin negara berani ambil resiko Putrinya di vaksin terlebih dahulu hasil temuan ilmuwan kedokteran Rusia. Sebelum di vaksinkan ke rakyatnya."

Di postingan tersebut akun Egin Ronk menambah kalimat "Contoh PEMIMPIN". Lalu benarkah foto tersebut merupakan putri Presiden Rusia, Vladimir Putin? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.