Sukses

Jelang Pilpres, Prancis Bikin Badan Baru Antisipasi Serangan Hoaks dari Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Prancis berencana untuk mendirikan badan baru yang khusus untuk memerangi hoaks dan berita palsu di dunia maya. Langkah ini dilakukan untuk persiapan menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun depan.

Nantinya badan tersebut akan dijalankan oleh Sekretariat Jenderal Pertahanan dan Keamanan Nasional (SGDSN). Lembaga ini akan berisi 60 orang yang bertugas untuk mengidentifikasi serangan hoaks yang datang dari negara atau organisasi asing yang bertujuan mengacaukan Prancis secara politik.

Badan tersebut dijelaskan oleh Kepala SGDSN bukan bertujuan mengoreksi hoaks. Namun untuk membantu politisi, diplomat, pengadilan dan pers melihat apakah serangan hoaks dari luar Prancis atau dari dalam negeri.

Di sisi lain Bouillon bersikeras bahwa badan baru Prancis, yang akan diluncurkan pada September, tidak akan bertindak sebagai badan intelijen.

"Tujuan kami adalah untuk mendeteksi sesuatu yang menyebar secepat mungkin dan untuk menandai pelaku pembakaran."Begitu hutan terbakar, itu menyedihkan tapi sudah terlambat," kata Bouillon seperti dilansir RFI.

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini