Sukses

Ahli Penyakit Dalam Ajak Masyarakat Lawan Hoaks Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Dokter spesialis penyakit dalam, Suzy Maria mengatakan, masyarakat mempunyai peran untuk ikut mengontrol pandemi Covid-19 dengan memutus rantai penularan dan juga tidak menyebarkan hoaks.

"Kita semua sudah lelah dengan pandemi, kita punya peran untuk mengontrol pandemi Covid-19 ini. Masyarakat punya peran salah satunya membantu memutus rantai penularan dan juga tidak menyebarkan hoaks," kata Suzy dilansir dari Antara, Jumat (4/6/2021).

Menurut dia, siapapun selalu punya banyak kesempatan untuk meluruskan berita-berita tidak benar, mulai dari orang-orang di sekitar kita.

"Tugas saya sebagai dokter mengedukasi pasien mengenai berita-berita yang tidak benar yang beredar di masyarakat. Saat ini yang lebih sering ditanyakan tentang keamanan vaksinasi, misalnya efek samping vaksin. Kami para dokter selalu menyampaikan bahwa efek samping itu wajar," tambah dia.

Lebih lanjut Suzy menambahkan, masyarakat harus paham bahwa untuk menuntaskan pandemi, masyarakat perlu menerapkan protokol kesehatan. 

"Meskipun sudah di vaksinasi tapi tetap harus melakukan protokol kesehatan supaya virus tidak sampai ke kita jadi tidak boleh merasa kebal terhadap virus dan abai terhadap protokol kesehatan," kata dia.

"Kapan kita bisa mengabaikan prokes, dilihat dari seberapa tinggi tingkat penularan di negara kita. Kita sabar saja, ayo taat protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19," sambung Suzy.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita. 

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: