Sukses

Cek Fakta: Viral Video Ronaldo Tolak Bersalaman dengan Pemimpin Israel, Benarkah?

Beredar video yang diklaim Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan pemimpin Israel, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan pemimpin Israel beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun Facebook Lestari Tari Muhammadin pada 15 Mei 2021.

Dalam video berdurasi 16 detik itu, tampak Ronaldo yang mengenakan kostum berwarna putih tengah bersalaman dengan sejumlah pria. Namun, Ronaldo memilh tidak menyalami dua pria dalam selepas menerima medali.

Akun Facebook Lestari Tari Muhammadin kemudian mengaitkan dua pria tersebut dengan pemimpin Israel.

"Momen Cristiano Ronaldo saat tdk mau salaman dg pemimpin Israel..." tulis akun Facebook Lestari Tari Muhammadin.

Konten yang disebarkan akun Facebook Lestari Tari Muhammadin telah 111 kali ditonton dan mendapat 3 komentar warganet.

Benarkah dalam video tersebut Ronaldo menolak bersalaman dengan pemimpin Israel? Berikut penelusurannya.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan pemimpin Israel.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Պլատինին «տխրել է», որ մարդիկ մտածել են, թե Ռոնալդուն չի սեղմել իր ձեռքը" yang dimuat situs totalfootball.am pada 22 Desember 2014.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa peristiwa itu merupakan momen saat pembagian medali usai pertandingan final Piala Dunia Antarkub 2014 lalu.

Ketika itu, Ronaldo enggan berjabat dengan Presiden UEFA Michel Platini. Ronaldo dan Platini memang sempat bersitegang, Platini sempat menyiratkan pandangan bahwa Ronaldo tidak sepantasnya mendapatkan Ballon d'Or. Sementara itu, sosok di sebelah Platini dalam momen tersebut juga bukan pemimpin Israel.

Sementara Israel kini dipimpin oleh Presiden bernama Reuven Rivlin. Berikut foto dari Reuven Rivlin:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs republika.co.id

 

Referensi:

https://www.republika.co.id/berita/qk1llz366/presiden-israel-yahudimuslim-ditakdirkan-hidup-bersama

http://totalfootball.am/news/3/192104-platinin-txrel-e--or-mardik-mtacel-en--te-ronaldoun-ci-sexmel-ir-cerqe.html

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim pesepakbola Cristiano Ronaldo menolak bersalaman dengan pemimpin Israel ternyata tidak benar. Faktanya, dalam video tersebut Ronaldo menolak bersalaman dengan Presiden UEFA ketika itu, yakni Michel Platini. Sementara pria yang di sebelah Platini juga bukan pemimpin Israel.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.