Sukses

Hoaks Terbaru Seputar Mudik, dari Motor Lewat Tol sampai Rombongan Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks seputar mudik lebaran masih beredar di media sosial, bentuknya pun beragam dari teks, foto hingga video. Keberadaan informasi palsu tersebut pun bisa menyesatkan masyarakat yang mudah mempercayainya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan penelusuran sejumlah informasi seputar mudik lebaran, hasilnya informasi tersebut terbukti hoaks.

Berikut hoaks terbaru seputar mudik hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com:

1. Video Pemudik Naik Motor Lewat Tol

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pemudik naik motor lewat tol. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Ninit Abdul Panjaitan, pada 10 Mei 2021.

Unggahan video yang diklaim pemudik naik motor lewat tol tersebut menampilkan sejumlah motor melewati jalan dengan kecepatan tinggi, terdapat sejumlah mobil yang berhenti pada sisi bahu jalan.

Dalam Video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"Pemudik motor lewat jalan tol"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"#ThePowerOfMudikKetika rindu sudah membuncah di qalbu...Segala cara akan ditempuh untuk sampai ke tujuan...Para pemudik motorpun nekat masuk jalan tol dengan kecepatan tinggi. Berasa lagi nonton motogp. Valentino Rossi mah ga ada apa apa nya. Coba mana berani dia balapan di jalan tol...Semoga kalian dimudahkan dilindungi di perjalanan hingga kembali ke tempat asal..."

Benarkah klaim video video pemudik naik motor lewat tol? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video video pemudik naik motor lewat tol tidak benar.

Ditlantas Polda Metro Jaya menyatakan, peristiwa dalam video tersebut terjadi di Malaysia dan tidak terkait dengan pelarangan mudik.

 

2. Video Rombongan Presiden Ini Tidak Sedang Mudik

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video rombongan presiden mudik

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video rombongan presiden mudik. Klaim tersebut diunggah akun Facebook Bryan Elnathan, pada 8 Mei 2021.

Unggahan klaim video rombongan presiden mudik direkam dari dalam sebuah kendaraan, menampilkan rangkaian kendaraan yang dikawal mobil dan motor berwarna putih.

Dalam video tersebut terdapat tulisan "Nah Keluarga istana sudah pulkam/mudik".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Trimakasih Bpk presiden.. Bapak sudah memberi contoh kpd kami... Bapak mlh di kawal.. Kami gak usah di kawal pak.. Cukup cabut larangan mudik saja.. 😜🤭🤫".

Benarkah klaim video rombongan presiden mudik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video rombongan presiden mudik tidak benar.

Video tersebut memang rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, bukan sedang melakukan mudik.

 

3. Foto  Kemacetan Jalan Tikus saat Mudik 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto kemacetan di jalan tikus saat mudik

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto mobil terjebak kemacetan di jalan tikus saat mudik. Klaim tersebut beredar dijejaring sosial WhatsApp.

Klaim foto mobil terjebak kemacetan di jalan tikus saat mudik, menampilkan foto sejumlah mobil yang sedang berhenti pada tiga sisi jalan yang terletak di tengah sawah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Nekat mudik sih, lewat jalan tikus lagi. Nah kalau begini bagaimana ? Selamat menikmati keindahan persawahan, nah bagaimana dengan toiletnya kalau mules ?Kami doakan kiranya diberikan ketabahan. Amin.😂😂😂"

Benarkah klaim foto kemacetan di jalan tikus saat mudik? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto kemacetan di jalan tikus saat mudik tidak benar.

Foto tersebut diambil di Swedia saat musim panas 2019. Sebelum adanya larangan mudik.

 

4. Foto Pagar yang Digembok Ini Penutupan Jalan Perbatasan Subang-Bandung

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto jalan perbatasan Subang Bandung ditutup pagar dan digembok

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto jalan perbatasan Subang Bandung ditutup pagar dan digembok. Foto tersebut diunggah akun Facebook Faiz Aqsa, pada 6 Mei 2021.

klaim foto jalan perbatasan Subang Bandung ditutup pagar dandigembok menampilkan benda yang menyerupai pagar melintang di tengah sebuah jalan yang dibaliknya terdapat kendaraan bertuliskan "POLISI".Pada foto tersebut terdapat tulisan "Perbatasan Subang Bandung (Tangkuban Perahu digembok".

Benarkah klaim foto jalan perbatasan Subang-Bandung ditutup pagar dan digembok? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil penelusuan Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto jalan perbatasan Subang-Bandung dipagar gembok tidak benar.

Foto jalan yang ditutup pagar dan digembik tersebut bukan jalan perbatasan Subang-Bandung.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.