Sukses

Gandeng Pemeriksa Fakta, Salah Satu Kunci Facebook Melawan Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Facebook terus berupaya untuk mengurangi peredaran hoaks di platformnya. Salah satu caranya adalah bekerjasama dengan pemeriksa fakta di seluruh dunia.

Sejak 2019 upaya ini dilakukan dengan menerapkan tiga kebijakan yakni menghapus, mengurangi dan menginformasi. Usaha ini semakin gencar dilakukan karena jumlah hoaks yang bertambah selama pandemi covid-19.

Hingga saat ini Facebook menggandeng 80 pemeriksa fakta di seluruh dunia untuk mempromosikan informasi yang akurat. Khusus di Indonesia, Facebook bekerja sama dengan enam pemeriksa fakta pihak ketiga termasuk Cek Fakta Liputan6.com.

"Misinformasi adalah hal yang kompleks, terus berubah dan tidak ada satu solusitunggal yang dapat menyelesaikannya. Inilah mengapa kami terus berkonsultasidengan para ahli, mengembangkan program pemeriksaan fakta, dan meningkatkan kapabilitas teknis internal kami," bunyi pernyataan Facebook dalam email pada Cek Fakta Liputan6.com beberapa waktu lalu.

"Bagi kami, tidak ada satupun pihak baik itu perusahaan swasta atau pemerintah, yang berhak dan memiliki kekuatan untuk menentukan apa yang benar dan salah. Itu sebabnya kami mengandalkan pemeriksa fakta independen untuk mengidentifikasi dan meninjau potensi misinformasi, yang menjadi dasar bagi kami untuk mengambil tindakan."

"Selama Maret hingga Oktober 2020, kami memberikan label peringatan pada sekitar167 juta konten terkait covid-19 di Facebook berdasarkan artikel cek fakta terkait covid-19 yang ditulis oleh mitra pemeriksaan fakta kami."

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: