Sukses

Deretan Hoaks Foto Penampakan Mobil Esemka

Beberapa foto hoaks penampakan mobil Esemka masih beredar di media sosial. Berikut rangkumannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks terkait foto penampakan mobil Esemka produksi PT Solo Manufaktur Kreasi masih saja beredar di media sosial.

Satu di antaranya foto mobil Esemka berbahan dasar kayu muncul. Foto itu diunggah oleh pemilik akun atas nama Edi Tansil.

Akun Facebook Edi Tansil mengunggah foto mobil Esemka berbahan dasar kayu itu pada 21 Juli lalu. Dia membagikannya ke grup Facebook: 'Anies Baswedan for 2024 President'.

Dalam foto, mobil berbahan dasar kayu itu memiliki logo Esemka di bagian belakang dan depannya. Terlihat dengan jelas ada dua orang yang sedang berada di mobil tersebut.

"Grup ini aku tinggalin dulu, mau pokus pilkada di Solo," begitu narasi yang diciptakan Edi Tansil sebagai keterangan foto.

Namun setelah ditelusuri, foto mobil Esemka berbahan dasar kayu bisa dikatakan sebagai informasi yang salah. Sebab, foto itu pertama kali diunggah pada 2018 di situs steemit.com. Foto mobil itu juga sudah dimanipulasi atau di edit dengan logo Esemka.

Selain foto mobil berbahan dasar kayu, terdapat foto hoaks lainnya terkait mobil Esemka. Berikut rangkumannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto Mobil Esemka Jenis Sedan Sport

Sebuah foto yang diklaim sebagai mobil Esemka beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Kompyang Iwantara pada 22 Februari 2021.

Akun Facebook Kompyang Iwantara mengunggah foto mobil jenis sedan berwarna putih yang tengah berada di lokasi pameran. Terdapat logo Esemka di bagian depan mobil tersebut.

Mobil tersebut tampak tengah ditumpangi oleh seorang pria. Sejumlah orang juga terlihat memandang mobil tanpa atap tersebut.

Akun Facebook Kompyang Iwantara kemudian mengaitkan foto tersebut dengan mobil produksi Esemka.

"Kadroon lagi goreng isu banjir, pakde buktikan pake esemka👍

Kadroon makin ketjang - ketjang xixixixixi," tulis akun Facebook Kompyang Iwantara.

Konten yang disebarkan akun Facebook Kompyang Iwantara telah 40 kali dibagikan dan mendapat 324 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim sebagai mobil produksi Esemka ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan mobil Honda S 2000. Salah satu mobil sport dari produsen mobil asal Jepang, Honda.

Foto yang disebarkan akun Facebook Kompyang Iwantara telah disunting dengan mengubah logo mobil Honda dengan logo mobil Esemka.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 4 halaman

Foto Mobil Esemka Berbentuk Miniatur

Sebuah foto yang diklaim penampakan mobil Esemka beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Sutrisno pada 12 April 2021.

Akun Facebook Sutrisno mengunggah sebuah foto yang diklaim sebagai penampakan mobil Esemka. Dalam foto tersebut tampak seorang pria dengan tengah menarik sebuah miniatur mobil dengan menggunakan tali.

Foto tersebut terdapat narasi sebagai berikut:

"PERMISI..

MOBIL ESEMKA MAU LEWAT"

Konten yang disebarkan akun Facebook Sutrisno telah 3 kali dibagikan dan mendapat 25 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim penampakan mobil Esemka ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut bukan penampakan mobil Esemka.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.