Sukses

Ragam Hoaks yang Catut Nama Telkomsel, Bagi Kuota Hingga Hadiah Ribuan Jam Tangan

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menjadi salah satu sasaran untuk dijadikan bahan hoaks. Hoaks tersebut menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Hoaks yang banyak beredar yang mencatut nama Telkomsel adalah terkait dengan iming-iming pembagian hadiah tertentu. Berikut beberapa hoaks yang mencatut nama Telkomsel.

1. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Telkomsel Bagikan Hadiah untuk Rayakan Ulang Tahun ke-60

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai yang mengiming-imingi hadiah dari Telkomsel dalam rangka ulang tahun ke-60. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Pesan berantai itu menyertakan tautan untuk diklik pengguna. Dalam tautan tersebut terdapat narasi:

"Lots of exquisite gifts, as well as more than 1000 units of smart watches and mobile devices

All you have to do is open the correct gift box. You have 3 tries, good luck!"

atau dalam Bahasa Indonesia:

"Perayaan ulang tahun ke-60. Banyak hadiah yang sangat menarik, serta lebih dari 1.000 unit jam tangan pintar dan perangkat seluler. Yang harus kamu lakukan adalah membuka gift box yang benar. Kamu punya kesempatan tiga kali, semoga berhasil."

Lalu benarkah Telkomsel sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah melalui pesan berantai Whatsapp? Simak dalam artikel berikut ini...

 

2 dari 4 halaman

2. Cek Fakta: Nama Telkomsel Dicatut dalam Informasi Hoaks Bagi-bagi Kuota Internet Gratis

Informasi mengenai bagi-bagi kuota internet gratis saat pandemi Covid-19 beredar di media sosial. Adalah akun Facebook Berbagi Kuota yang mengklaim akan membagikan kuota internet gratis bagi masyarakat.

Akun Facebook Berbagi Kuota menuliskan narasi yang berisi tentang klaim bagi-bagi kuota internet gratis pada 27 Juli 2020. Berikut narasinya:

"SELAMAT DATANG,!!!

Kami ingin membantu siswa yang membutuhkan kuota untuk belajar karena pandemi Covid19.

5.000 orang pertama dalam grup ini yang menulis huruf demi huruf "kuotagratis" tanpa diganggu oleh pesaing lain akan menerima kuota gratis 15 gb dari kami

Contohnya :

K

U

O

T

A

G

R

A

T

I

S

PERINGATAN: jika kalian berhasil menulis kuotagratis kalian akan di inbox dan diperintahkan untuk memasukan nomor ponsel anda.

Hadiah ini untuk orang-orang yang belum pernah memenangkan hadiah kami sebelumnya, jika Anda telah memenangkan kuota gratis sebelumnya, silakan menjauh, beri orang lain kesempatan untuk menang," tulis akun Facebook Berbagi Kuota."

Akun Facebook Berbagi Kuota juga mencantumkan sejumlah gambar provider sebagai klaim bagi-bagi kuota internet.

Konten yang diunggah akun Facebook Berbagi Kuota telah 212 kali dibagikan dan mendapat 2,800 komentar warganet. Benarkah informasi tersebut, simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini