Sukses

Deretan Hoaks Pesan Berantai yang Catut Nama Alfamart

Alfamart menjadi salah satu perusahaan retail yang kerap dicatut namanya oleh pembuat hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Alfamart menjadi salah satu perusahaan retail yang kerap dicatut namanya oleh pembuat hoaks. Hoaks itu menyebar melalui aplikasi percakapan maupun media sosial.

Modus yang digunakan pun hampir serupa yakni memberikan tautan agar diklik oleh pengguna. Nantinya link tersebut bakal mencuri data privasi pengguna.

Lalu apa saja hoaks yang mencatut nama Alfamart? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Pesan Berantai Alfamart Bagikan Hadiah Rayakan Pembukaan Toko ke-1000

Beredar di aplikasi percakapan Whatsapp pesan berantai menjanjikan hadiah dari Alfamart untuk merayakan pembukaan toko ke-1000. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai itu menyertakan tautan pada website tertentu. Di website terdapat narasi:

"Celebrating the opening of the 1,000th store. More than 100 computers and mobile devices, and 50 cash prizes. All you have to do is open the correct gift box. You have 3 tries, good luck!"

atau dalam Bahasa Indonesia:"Merayakan pembukaan toko ke-1000. Lebih dari 100 komputer dan perangkat seluler, dan 50 hadiah uang tunai. Yang harus Anda lakukan adalah membuka kotak kado yang benar. Anda telah mencoba 3 kali, semoga berhasil!"

Lalu benarkah pesan berantai berisi informasi Alfamart sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah dalam merayakan pembukaan toko ke-1000? Simak dalam artikel berikut ini...

 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Cek Fakta: Hoaks Informasi Karnaval Tahun Baru Alfamart Bagikan Kupon Rp 3 Juta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi karnaval tahun baru Alfamart membagikan kupon senilai Rp 3 juta. Informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta beredar di aplikasi percakapan WhatsApp.

Informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta tersebut berupa tautan yang menampilkan tulisan "Karnaval Tahun Baru Alfamart".

Berikut tautan tersebut:

http://alfamart.kupon.gratisurl.xyz/?c=tahunbaru

Benarkah Informasi karnaval tahun baru Alfamart bagikan kupon Rp 3 juta? Simak dalam artikel berikut ini...

3 dari 4 halaman

3. Cek Fakta: Hoaks Alfamart Adakan Program Bagi Voucher Rp 100 Ribu dengan Isi Survei

Beredar kembali di aplikasi percakapan pesan berantai berisi survei yang menjanjikan voucher dari Alfamart. Pesan berantai tersebut ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Dalam pesan berantai tersebut pelanggan Alfamart bisa mendapatkan vouchernya jika mengisi survei pada link yang ditautkan.

Berikut isinya:

"Kamu terpilih memenangkan voucher belanja masing-masing senilai Rp 100.000. Ikuti survei singkat kami:"

Lalu benarkah Alfamart sedang mengadakan survei yang menjanjikan hadiah voucher Rp. 100 ribu? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.