Sukses

Cek Fakta: Hoaks Rebusan Daun Jambu Biji Dicampur Cuka Bisa Bunuh Virus Covid-19

Ada klaim daun jambu biji yang dicampur jahe, bawang putih, bawang merah, cuka, dan lemon bisa menyembuhkan seseorang dari virus covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan klaim soal ramuan yang mampu mengobati seseorang dari virus covid-19. Ramuan itu terdiri dari daun jambu biji, jahe, lemon, bawang bombai, hingga bawang putih.

Klaim ramuan untuk mengobati virus covid-19 ditemukan di akun Twitter @TirivaviTinashe. Begini narasi yang dia buat dalam Bahasa Inggris:

"Guava leaves, Ginger, Lemon, Vinegar, Onion, Garlic. Mix in Hot water. Do steaming 3 times a day until you sweat. It keeps your air channels open and your lungs clean. Now it's self help, Hospital Zero. Lets fight Covid 19 together..."

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Daun jambu biji,jahe,bawang putih,lemon,bawang merah dan cuka.Campur dengan air panas.Hirup uap panas hasil rebusan bahan-bahan tersebut 3 kali sehari hingga anda berkeringat.Uap itu akan membuat saluran pernapasan anda tetap lancar dan paru-paru anda bersih.Lakukan untuk diri anda sendiri.Mari lawan Covid19 bersama-sama…"

Lalu, benarkah daun jambu biji yang dicampur jahe, bawang putih, bawang merah, cuka, dan lemon bisa menyembuhkan seseorang dari virus covid-19? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi edukator kesehatan, dr. Muhammad Fajri Adda’I. Dia pun memastikan ramuan itu salah.

"Itu (ramuan herbal) hoaks bercampur. Saya sering bahas di seminar," katanya melalui WhatsApp, Selasa (9/3/2021).

Dokter Fajri mengatakan, jambu biji yang dicampur jahe, bawang putih, lemon, dan bawang merah, memang punya kemungkinan meningkatkan imun. Namun, itu masih membutuhkan pembuktian.

"Secara umum, bila dikonsumsi dengan takaran yang cukup, lemon mengandung vitamin C yang dibutuhkan selama sehari, sebanyak 150 miligram. Buat maintenance sistem imun memang bagus," ujarnya.

"Namun untuk spesifik membunuh Covid-19 itu hoaks. Karena sejauh ini belum yang terbukti bisa bunuh virus Covid-19," kata dr. Fajri menambahkan.

Lebih lanjut, dr. Fajri malah bingung dengan klaim ramuan itu yang ditambahkan cuka. Menurutnya, cuka bisa membuat ramuan menjadi asem dan berbahaya untuk penderita penyakit kronis.

"Lalu, dicampur cuka, bagaimana? Ya, asem. Ketika Ph-nya rendah, ini hati-hati untuk penderita maag, bisa kambuh. Ini sudah jelas hoaks. Hati-hati mencerna informasi," ujarnya memberikan penjelasan.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim daun jambu biji yang dicampur jahe, bawang putih, bawang merah, cuka, dan lemon bisa menyembuhkan seseorang dari virus covid-19 merupakan informasi hoaks. Sebab, hingga saat ini belum ada ramuan yang direkomendasikan bisa membunuh covid-19.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.