Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Mengonsumsi Pisang Bisa Mencegah Virus Corona Covid-19

Beredar di aplikasi percakapan pesan berantai dalam bentuk video yang menyebut bahwa pisang bisa mencegah virus corona covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di aplikasi percakapan pesan berantai dalam bentuk video yang menyebut bahwa pisang bisa mencegah virus corona covid-19. Pesan berantai itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Dalam video yang beredar berdurasi 1 menit, 2 detik. Dalam video terdapat video cuplikan berita terkait peneliti yang sedang mengembangkan vaksin virus corona covid-19.

Namun sepanjang video terdapat narasi "Pisang Penangkal Corona, Ayo Makan Pisang".

Selain itu terdapat juga narasi "memakan satu pisang setiap hari bisa menyingkirkan virus corona."

Lalu benarkah mengonsumsi pisang bisa mencegah virus corona covid-19?

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan menghubungi dr. RA Adaninggar, SP.PD. Dia menyebut pesan berantai tersebut tidak benar.

"Makan buah apapun bukanlah vaksin dan tidak saling menggantikan tapi saling mendukung dalam membentuk daya tahan tubuh yang optimal," ujarnya saat dihubungi Jumat (5/3/2021).

"Menjaga kesehatan imun secara umum salah satunya adalah dengan makan makanan bergizi termasuk sayur dan buah yg tinggi antioksidan, di samping olahraga teratur, cukup tidur, dan manajemen stres. Dengan menjaga kesehatan imun, bila terinfeksi virus, harapannya gejala akan lebih ringan."

Ia juga menambahkan vaksin sangatlah penting untuk memberikan proteksi bagi tubuh dari covid-19.

"Menjaga kesehatan imun secara spesifik juga sangat penting yaitu dengan antibodi. Antibodi hanya bisa terbentuk melalui infeksi alami dan vaksin, dan antibodi ini yang memberi perlindungan lebih optimal karena merupakan senjata spesifik yg bisa menginaktivasi virus covid-19," ujar dokter yang juga kerap mengedukasi seputar covid-19 di media sosial tersebut.

Selain itu Cek Fakta Liputan6.com juga meminta penjelasan dari Ahli Gizi KONI DKI Jakarta sekaligus APKI Approved Educator, Irtya Qiyamulail.

"Di video mengatakan bahwa pisang banyak mengandung vitamin B6, hal ini memang benar karena 1 buah pisang ukuran sedang (118 gram) sudah mencukupi kurang lebih sepertiga kebutuhan B6 harian kita (berdasarkan AKG). Selain itu, pisang juga punya kandungan zat gizi lain seperti misalnya kalium, serat, vitamin C, karbohidrat, dan sebagainya," ujarnya.

" Namun kalau diklaim bisa mencegah atau mengobati covid-19 tidak benar, apalagi cuma mengandalkan satu minuman atau makan tertentu saja. Makanan memang salah satu faktor yang bisa meningkatkan imunitas, tapi bukan satu-satunya faktor tunggal, apalagi cuma mengandalkan satu jenis makanan saja tapi mengabaikan faktor lain (seperti misalnya istirahat yang cukup, kelola stress yang baik, asupan makanan secara keseluruhan) juga mengabaikan protokol kesehatan."

Selain pisang, makanan lain juga pernah diklaim bisa mencegah virus corona covid-19. Anda bisa selengkapnya di link ini, ini, dan ini...

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Pesan berantai yang menyebut pisang bisa mencegah virus corona covid-19 adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.