Sukses

Cek Fakta: Hoaks Uang Baru RI Pecahan Rp 100 dengan Wajah Presiden Jokowi

Pada 7 Februari 2021, pemilik akun Ridwan Aman membagikan video yang berasal dari Tiktok dengan klaim uang baru keluaran Bank Indonesia dengan wajah Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 7 Februari 2021, pemilik akun Ridwan Aman membagikan video yang berasal dari Tiktok dengan klaim uang baru keluaran Bank Indonesia dengan wajah Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi .

Uang dengan wajah Jokowi ini senilai Rp 100. Uang kertas itu berwarna merah. Disebutkan kalau itu merupakan uang versi redonomisasi.

Sebagai keterangan untuk narasi di Facebook, Penggemar KOIN Semata menuliskan sebagai berikut:

"#ViralNEWS - Video : Tampilan Uang Kertas Indonesia Versi Redonomisasi Pecahan 100 Bergambar Presiden Jokowi. Bagaimana Menurut Kalian ?"

Lalu, benarkah wajah Presiden Jokowi terpampang di uang baru keluaran Bank Indonesia? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono. Dia pun membantah adanya uang baru bergambar wajah Presiden Jokowi.

"Itu bukan dari Bank Indonesia," kata Erwin kepada Cek Fakta Liputan6.com melalui WhatsApp, Senin (8/2/2021).

Lebih lanjut, Erwin mengatakan, ini merupakan kerjaan orang yang tidak bertanggungjawab. Pihak Bank Indonesia tengah menggelar penyelidikan.

"Kelihatannya, ini anak-anak iseng di TikTok, terus masuk Instagram dan juga Facebook. Kami sedang investigasi," ucapnya menegaskan.

Humas Bank Indonesia juga menjelaskan kepada Cek Fakta Liputan6.com kalau salah satu syarat dalam Undang-Undang mata uang, wajah yang bisa terpampang di uang RI merupakan pahlawan dan sudah meninggal dunia.

Cek Fakta Liputan6.com juga menelusuri awal mula klaim ini yang disebut berasal dari TikTok. Hasilnya, pemilik akun @aku.ijot menjadi yang pertama mengunggah video itu, yakni pada, 7 Februari 2021. Klik link ini untuk melihat videonya.

Akun itu juga memberikan klarifikasi soal video yang dia buat dan menjadi viral. Begini klarifikasi yang dia buat:

"Oke temen-temen. Gw gak nyangka videonya bakal ramai banget. Dan di sini gw ingin meluruskan, ingin mengklarifikasi tentang duit ini (menunjukkan uang Rp 100 bergambar Jokowi).

Dari mana gw dapetin duit ini, dan apa tujuan gw upload video tersebut. Yang pertama, gw dapetin duit ini sekitar 4 tahun lalu, 2017, waktu di Galeri Nasional, di Jakarta.

Sebenarnya gw gak ada maksud apa-apa. Gw menggiring opini dan gak ada maksud membanding-bandingkan Bapak Jokowi dengan Pak Soekarno. Ini hanya ilustrasi aja. Jadi intinya, pengen dapetin traffic dan viewers."

Klik link ini untuk melihat klarifikasinya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim uang kertas baru pecahan Rp 100 bergambar wajah Presiden Jokowi ternyata tidak benar atau hoaks. Faktanya, uang itu tidak dikeluarkan Bank Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.