Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Tokoh Luar Negeri yang Beredar di Indonesia

Informasi seputar tokoh luar negeri yang beredar di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta- Siapa saja bisa dijadikan bahan informasi hoaks yang beredar di tengah masyarakat Indonesia, tidak terkecuali tokoh luar negeri. Berbagai isu tentang tokoh dunia pun dihembuskan dengan beragam bentuknya.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi seputar tokoh luar negeri yang beredar di Indonesia, hasilnya sejumlah informasi terbukti hoaks sebagai berikut:

1. Erdogan Bangun 70 Ribu Pemukiman Elit Gratis Bagi Rakyat Turki  

 Kabar tentang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membangun 70 ribu pemukiman elit gratis bagi rakyat Turki beredar di media sosial.

Kabar tersebut diunggah akun Facebook Ina Lingga pada 1 Februari 2021. Akun Facebook Ina Lingga mengunggah foto Erdogan mengenakan masker dan tengah memantau sebuah pemukiman baru. Erdogan tampak berada di dalam helikopter.

Selain itu, terdapat juga foto yang memperlihatkan beberapa rumah baru di suatu daerah. Foto tersebut diambil dari atas.

Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar Erdogan membangun 70 ribu pemukiman elit gratis untuk rakyat Turki.

"Presiden Turki Erdogan : Saya bangun 70.000 pemukiman elite bagi rakyat Turki ,gratis siap huni.

Erdogan melakukan tinjauan proyek pembangunan 70.000 unit hunian elite bagi warga Turki kehilangan tempat tinggal akibat diterpa Gempa Bumi di tahun 2020," tulis akun Facebook Ina Lingga.

Benarkah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membangun 70 ribu pemukiman elit gratis bagi rakyat Turki? 

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, kabar tentang Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membangun 70 ribu pemukiman elit gratis bagi rakyat Turki ternyata tidak benar.

Faktanya, foto yang diunggah akun Facebook Ina Lingga merupakan foto Erdogan yang tengah meresmikan pembangunan rumah bagi korban gempa. Jumlah rumah yang dibangun sekitar 5.500. Foto pemukiman baru tersebut juga tidak berkaitan dengan rumah bagi korban gempa yang diresmikan Erdogan.

 

2. Foto Perempuan Anak Raja Salman

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto anak Raja Salman

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim anak Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi.

Klaim foto anak Raja Salman merupakan unggahan akun Facebook Andreysmn, pada 1 Februari 2021.

Foto yang diunggah menampilkan seorang perempuan berambut panjang, mengenakan gaun ungu dengan bahu terbuka, yang sedang tersenym dan melambaikan tangan.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"contoh anak Raja salman arab yg kuliah di amerika trs apa yg dibanggakan dgn dibrongsong ,gile lo ndro ??"

Benarkah klaim foto anak Raja Salman? 

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto anak Raja Salman tidak benar.

Foto tersebut adalah aktris Kim Kardashian bersama para pemeran film 'Entourage'.

 

3.  Foto Petarung MMA Conor McGregor Jadi Gembel

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto petarung MMA Conor McGregor menjadi gembel

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto petarung MMA Conor McGregor menjadi gembel.

Foto Conor McGregor menjadi gembel tersebut diunggah akun Facebook Julius Rizaldy, pada 9 Januari 2021.

Foto yang diunggah menampilkan Conor McGregor sedang duduk di halaman sebuah bangunan yang seperti sedang dihampiri seorang berbaju putih mengenakan penutup kepala hitam.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Eh nemu lagi dia...Sepertinya di jari ibu itu ada radar pengintai, selalu saja dapet gembel Maco😀"

Benarkah foto McGregor menjadi gembel? 

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto petarung MMA Conor McGregor menjadi gembel tidak benar.

Foto tersebut hasil editan dari dua foto yang berbeda dijadikan satu.

 

4. Joe Biden Mundur sebagai Presiden Amerika Serikat dengan Alasan Kesehatan

Pada 2 Januari 2021, pemilik akun Facebook atas nama Jim Daniels mengunggah sebuah tangkapan layar dengan klaim Joe Biden memutuskan mundur sebagai presiden terpilih Amerika Serikat.

Dalam tangkapan layar itu diklaim sebagai sebuah artikel dari FOX Atlanta dengan judul: "President Elect Biden steps down as President Elect".

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi: "Presiden Terpilih Joe Biden mundur sebagai Presiden Terpilih".

Dalam narasi, seperti diklaim, dijelaskan kalau Joe Biden memilih mundur setelah berkonsultasi dengan keluarga dan tim hukumnya karena masalah kesehatan yang tidak bisa ditentukan.

Lalu, benarkah klaim Joe Biden mundur sebagai Presiden AS terpilih karena masalah kesehatan? 

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim yang menyebut Joe Biden mundur sebagai Presiden AS seperti dimuat Fox Atlanta adalah hoaks. Klaim netizen mengatasnamakan Fox Atlanta sudah dimanipulasi.

 

5. Pengawal Joe Biden Berasal dari China

Para pengguna media sosial dihebohkan dengan klaim pria asal China yang disebut sebagai pengawal Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. Klaim ini ramai dibicarakan setelah Joe Biden bertugas di White House.

Klaim pria asal China menjadi pengawal Joe Biden bisa ditemukan di akun Twitter milik Robert D.Morningstar. Begini narasi yang dia buat:

"Saya yakin namanya adalah Gong WenDong, yang merupakan mitra bisnis Joe & Hunter Biden di perusahaan energi CEFC milik Partai Komunis China. Anehnya, dia berdiri untuk Hunter, berdiri di samping istri Hunter saat sumpah palsu."

Kicauan itu juga disertai foto pria yang berada di belakang Joe Biden. Pria yang diberi tanda panah merah ini diklaim berasal dari China.

Kicauan itu juga ramai dibicarakan di Facebook. Bahkan, ada yang menyebutnya sebagai pengawal Joe Biden.

Lalu, benarkah pengawal Joe Biden berasal dari China?

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim pengawal Joe Biden berasal dari China merupakan informasi yang salah. Orang itu bernama David Cho, pria berkebangsaan Amerika Serikat yang mempunyai darah Korea.

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.