Sukses

Cek Fakta: Hoaks Cristiano Ronaldo Datang ke Garena Menagih Utang, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Pada Kamis (17/12/2020), seorang pengguna Facebook dengan akun Agus Salim mengunggah tangkapan layar dengan klaim Cristiano Ronaldo mendatangi kantor Garena untuk menagih utang.

Unggahan tersebut mendapat banyak respons dari netizen. Klaim yang menyebut Cristiano Ronaldo menagih utang ke Garena mendapat 83 respons, 45 komentar, dan 2 kali dibagikan warga Facebook lainnya.

Begini narasi untuk tangkapa layar yang dibuat Agus Salim:

"Sok sok an colep sama RONALDO padahal gk bisa bayar hhhh, udah burik ngaku2 game no satuūüėāūüėā dasar game miskin".

Kemudian, dalam unggahan tangkapan layar menampilkan situs CNN Indonesia dengan judul: "CR7 dan asistennya akan berkunjung ke pusat Garena untuk menagih separuh biaya collab yang belum di bayar"

Lalu, benarkah klaim yang mengatakan Cristiano Ronaldo datang ke Garena untuk menagih utang?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Garena Indonesia pada Jumat (18/12/2020). Juru bicara Garena Indonesia menyebut klaim tersebut tidak benar.

"Itu tidak benar adanya. Untuk klarifikasinya sudah pernah ditulis oleh salah satu media game Free Fire. Terima kasih sudah melakukan konfirmasi terlebih dahulu," kata juru bicara Garena Indonesia melalui WhatsApp kepada Cek Fakta Liputan6.com.

Cek Fakta Liputan6.com juga memeriksa link berita yang diberikan juru bicara Garena Indonesia. Artikel itu berada di media game Free Fire, Booyah dengan artikel berjudul: "CR7 dan Asistennya Tagih Biaya Collab ke Kantor Garena? Yuk Cek Faktanya!".

Dalam artikel itu disebutkan, baik Cristiano Ronaldo ataupun Garena tidak mengeluarkan pernyataan tersebut. Artikel ini juga mengambil penjelasan dari Kulgar Kumis selaku pihak Garena.

"Ronaldo belom dibayar? Mana mau Ronaldo collab kalo kita ngutang," kata Kulgar dalam artikel tersebut.

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com juga menelusuri situs CNN Indonesia untuk mencari berita dengan yang diklaim netizen. Hasil penelusuran tidak ditemukan artikel seperti itu.

 

Merujuk pada artikel di kanal Tekno Liputan6.com, kapten Timnas Portugal ini memang muncul sebagai salah satu karakter di game Free Fire. Penjelasan itu bisa dilihat dalam artikel berjudul: "Karakter Cristiano Ronaldo Akhirnya Hadir di Free Fire".

Dalam game tersebut, nama karakter Ronaldo adalah Chrono. Chrono diceritakan hadir sebagai pahlawan di tengah kondisi Free Fire yang kumuh dan berantakan. Karakter ini dibekali dengan skill yang mampu menghantam sekitarnya.

Karakter Chrono dapat diperoleh secara gratis dengan melakukan top-up sebanyak 100 diamond atau setara dengan Rp 16.000. Adapun periode pengisian diamond untuk mendapatkan Chrono secara gratis dapat dilakukan mulai 16 hingga 25 Desember 2020.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Cristiano Ronaldo datang ke Garena untuk menagih utang adalah hoaks. Klaim yang disebut merupakan artikel CNN Indonesia sudah dimanipulasi.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: