Sukses

Cek Fakta: Benarkah Tangan dan Kaki Pria Ini Tertukar Karena Dikutuk? Simak Penelusurannya

Disebutkan pria Afrika mengalami dislokasi bagian tubuh lantaran dikutuk karena tidur dengan istri orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar foto pria yang diklaim sebagai warga Afrika. Foto itu memperlihatkan pria Arfika ini mengalami dislokasi anggota tubuh, posisi bagian kaki dan tangannya tertukar.

Foto pria Afrika dengan kaki dan tangannya yang mengalami dislokasi ini diunggah pemilik akun Twitter @@ha_aghazadeh. Begini narasinya:

"Seorang pria tinggal di Guinea, Afrika, yang lahir dengan tangan dan kaki terbalik!"

Foto yang sama juga diunggah oleh akun Instagram dengan nama Original microphone guru. Disebutkan pria itu mengalami dislokasi bagian tubuh karena dikutuk karena tidur dengan istri orang lain.

"Dia tidur dengan istri orang lain dan beginilah hasilnya. Hati-hati kawan."

Lalu benarkah klaim tersebut?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com memasukkan foto itu ke pencarian gambar terbalik, Google Image. Hasil penelusuran mengarahkan ke situs Hoax or Fact dengan artikel berjudul: "Man Cursed for Sleeping with Someone’s Wife: Fact Check".

Disebutkan dalam artikel tersebut, klaim pria yang dikutuk akibat berhubungan intim dengan istri orang ini merupakan cerita mitos dari wilayah Edo, negara bagian di Nigeria. Faktanya, pria yang berada di dalam foto itu adalah aktor Film Yoruba, Tunde Usman atau yang akrab disapa Okele.

Dalam Film Yoruba, Okele memainkan peran sebagai pria yang mengalami dislokasi anggota bagian tubuh.

Sementara itu, Okele melalui akun Instagram pribadinya @Okele_2, tepatnya pada 9 Agustus 2019 pernah mengunggah foto tersebut, tapi tidak memberikan keterangan apapun.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Tunde usman (@okele_2)

Namun, Okele, pada 9 Agustus 2017, pernah mengunggah sebuah foto tata rias yang membuat tangan dan kakinya tertukar. Dalam foto itu, proses pengerjaannya, Okele sambil duduk di tanah.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Tunde usman (@okele_2)

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menyebut seorang pria mengalami dislokasi bagian tubuh, posisi dan tangannya tertukar, atau klaim pria yang dikutuk karena tidur dengan istri orang adalah informasi yang salah.

Faktanya, pria dalam foto itu bernama Tunda Usman, Okele, seorang aktor dalam film di Benua Afrika yang memainkan peran sebagai pria mengalami dislokasi bagian tubuh.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.